Apa Saja 6 Acara Seni Dan Budaya Tradisional Khas Kota Jepara?

Setelah anda melihat cantiknya 20 tempat wisata di kota Jepara, sekarang mari kita belajar bersama mengenai keunikan-keunikan tentang kesenian dan kebudayaan khas asli kota Jepara Jawa Tengah ini. Paling tidak ada sedikitnya 6 kesenian dan Budaya kota Jepara yang mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri jika digabungkan dengan dunia pariwisata.

1. Perang Obor Jepara

Ini merupakan upacara sakral yang sangat dinanti-nantikan masyarakat Jepara. Kebudayaaan adat perang obor ini merupakan upacara tradisionla yang diadakan di kota Jepara tepatnya di desa tegal sambi setiap senin pahing pada bulan Dzulhijjah.

Obor-obor tersebut dibuat dari bahan pelepah kelapa yang dimainkan dengan cara di benturkan antara satu dengan lainnya. Dari benturan pelepah kelapa kering itulah yang menyebabkan percikan dan gumpalan api besar sehingga seperti perang api pada jaman dahulu kala.

Kegiatan ini sangat ramai dikunjungi oleh warga sekitar kota Jepara bahkan luar kota. Ini merupakan sebuah adat istiadat tradisional ang sedah lama terjadi dan turun-temurun hingga saat ini. Untuk menikmati pertunjukan ini anda tidak dipungut biaya, namun jika ingin melihat jangan dekat-dekat ya, nanti terkena sambaran api panas.

2. Pesta Baratan Jepara

acara adat yang kedua adalah pesta baratan, ini sebuah tradisi bagi warga kota Jepara yang dimana memiliki asal-usul untuk menghormati ratu kalinyamat. Kegiatan ini dilakukan setiap 15 Sya'ban tepatnya di desa Kriyan Kalinyamatan  Jepara.

Arti kata Baratan sendiri yaitu keselamatan atau berkah. Dalam acara baratan ini juga terdapat arak-arakan manusia dengna dandanan cantik seperti ratu kalinyamat, yang pada intinya yaitu arak-arakan ini ditujukan untuk mengawal ratu kalinyamat ke sebuah tempat.

Antusias masyarakat lokal juga sangat luar biasa, hal ini terbukti dengan ramainya penonton ketika dilaksanakannya pesta baratan ini.

3. Perta Lomban Jepara

tradisi kota jeapra kapal dilautan
Ini merupakan sebuah pertanya para nelayan, kegiatan Lomban ini dilaksanakan pada 7/8 Syawal di pantai Kartini Jepara. Acara ini berlangsung ketika Bakda Kupat atau 1 minggu setelah hari raya Idul Fitri yang dilakukan untuk memberikan sedekah laut.

Kebudayaan  ini sudah menjadi tradisi dari nenk-moyang hingga saat ini, disini banyak sekali masyarakat kota Jepara ikut serta dalam memeriahkan acara ini. Puncak acara lomban ini adalah membuang beberapa sesajen di lautan lepas yang berarti sebagai ucapan syukur atas berkat yang didapatkan oleh nelayan warga Jepara dan juga sebagai ucapan permintaan agar mereka masih bisa mendapatkan hasil yang maksimal di lautan Jeapra dan sekitarnya.

4. Tari Tayub Jepara

Tari Tayub ini adalah kesenian pulau Jawa yang memiliki keindahan dan keserasian dalam gerakan. Tarian ini memiliki arti sebagai hubungan sosial hubungan masyarakat. Tari Tayub ini hampir sama dengan tari jaipong dan gambyong.

5. Emprak

Ini sebuah perpaduan antara kesenian dan budaya di kota Jepara. Memadukan antara musik, tari, dan drama ada didalamnya. Inti dari kesenian ini yaitu bertemakan tentang kehidupan manusia, selain itu pada alur cerita terdapat pesan moral untuk kehidupan sehari-hari.

6. Tari Kridadjati Jepara

Tarian ini merupakan tarian tradisional warga Jepara dalam melakukan aktivitas dibidang kesenian khususnya yaitu seni ukir khas kota jepara. Dalam tarian ini mengandung unsur dinamika, kesenangan, keindahan. Tarian ini biasanya dipentaskan ketika ulang tahun hari jadi kota Jepara setiap tahunnya.

Demikian 6 cara seni dan budaya tradisional yang ada di kota Jepara Jawa Tengah, bagaimana tartarik untuk mengunjunginya? Silahkan datang ke kota Jepara yang penuh dengan kerajinan seni ukirnya.

2 komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990