KEUNIKAN SENI DAN BUDAYA KOTA REMBANG


kesenian khas rembang

Kota Rembang kaya akan sekali seni dan budaya khas daerah yang unik dan tidak dimiliki oleh daerah yang lain. Kota Rembang terletak di pantai utara pulau Jawa, sehingga memiliki seni dan budaya khas pesisir pantai utara pulau Jawa. Di dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa contoh seni dan budaya yang berasal dari kota Rembang.

Seni Dan Budaya Kota Rembang

1. Tari Rembang Kumandang

Tari Rembang Kumandang merupakan bentuk tarian kolosal yang dipentaskan dengan kostum dari produk lokal Rembang berupa batik dan aksesoris sebagai bagian dari promosi.

2. Emprak

Emprak adalah bentuk seni tradisional drama yang dikembangkan di Karangasem Kecamatan Kaliori. Pada awal penyajian acara ditampilkan atraksi yang membawa penari tari Remong anak, diiringi gamelan yang dikombinasikan dengan alat musik seperti rebana menggunakan seni irama kentrung.

3. Tari Gandario

Tari Gandario adalah tari yang menggambarkan perasaan cinta dua insan yang berasal dari desa Kedungtutup Kecamatan Sumber.

4. Pathol Sarang

Pathol sarang adalah kesenian yang menampilkan adu kekuatan antara kelompok yang satu dengan yang lainnya secara akrobatik.

5. Tong Tong Klek

Tong Tong Klek adalah suatu kesenian berupa seni musik dimana alat musik yang dimainkan berupa kentongan yang terbuat dari bambu kemudian dimainkan dengan diiringi musik baik tradisional maupun musik modern. Biasanya kesenian Tong Tong Klek diadakan ketika bulan puasa menjelang hari raya Idul Fitri. Para pemain memainkan Tong Tong Klek mengelilingi kota rembang dengan membawa seperangkat alat musik yang dangkut menggunakan kendaraan seperti mobil atau truk yang berukuran besar dan dilengkapi dengan seperangkat sound system yang berukuran besar.

Demikian ulasan singkat tentang Seni Dan Budaya di Rembang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat semuanya.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990