KERAJINAN KHAS KABUPATEN SEMARANG

Kerajinan khas kota Semarang
Populer
Kabupaten Semarang memiliki salah satu andalan potensi dari segi kerajinan tangan dari warga yang memiliki kreatifitas tinggi. Kreatifitas tersebut dipupuk sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan nilai seni yang layang untuk diperdagangkan, bahkan hingga mencapai ekspor ke luar negeri dalam jumlah yang fantastis. Apa saja produk khas kabupaten Semarang tersebut. Berikut akan kami paparkan beberapa produk Khas Kabupaten Semarang yang memiliki nilai seni kreatif yang tinggi.

Kerajinan Batik Semarang

Kerajinan Khas Kabupaten Semarang

1. Batik Gemawang

Kampung batik yang terletak di Banaran, desa Gemawang Kecamatan Jambu 30 km dari kota Ungaran. Motif dan warna Batik Gemawang tidak sama 100% karena setiap helai diproduksi secara khusus (hand made), bukan cap atau printing. Karena bersifat limited edition, maka banyak sekali para penggemar batik tulis yang memesan Batik Gemawang karena satu produk yang dijual tidak akan ada lagi kembarannya di dunia. CP: Batik Nyi Ageng Pandanaran: Fauzi. Telepon: 0298-599660, 081225059855. Batik Nyi Ageng Mangir: Agus 085865120753

2. Batik Adisty

Batik Adisty memiliki motif dengan ciri khas flora yang ada di hutan Penggaron seperti pinus, cemara, mahoni, bunga kasturi dan lompong. Sehingga dikenal juga sebagai Batik Alas Penggaron. Batik dengan warna warni ceria ini dapat dijumpai di Jl. Pandjaitan 12A Wana Wisata Penggaron Ungaran Jawa Tengah Indonesia. CP: 081325023585

3. Kerajinan Eceng Gondok

Kerajinan Semarang selanjutnya adalah eceng gondok, produk yang terbuat dari tumbuhan eceng gondok yang diperoleh dari rawa pening di sekitar Kecamatan Tuntang. Olahan produk eceng gondong ada berbagai macam mulai dari tas, sepatu dll. Pangsa pasar produk dari olahan eceng gondok ini sangat bagus karena sudah menembus ekspor ke beberapa negara. Di Rawa Pening sendiri di sana ada banyak sekali tanaman eceng gondok yang menutupi hampir seluruh permukaan rawa. Bahkan tumbuhan enceng gondok di Rawa pening bisa dikatakan tidak akan bisa habis karena jumlahnya yang sangat fantastis. Walaupun sudah diambil masyarakat dalam jumlah besar dan juga sebagian sudah hilang karena terbawa arus banjir tetap saja tumbuhan eceng gondok akan tumbuh berkembang terus. Jika potensi ini dioptimalkan pasti hasilnya yang positif akan dirasakan oleh seluruh warga sekitar kawasan Rawa Pening.

4. Kerajinan Relief Kuningan

Kerajinan khas Semarang selanjutnya adalah Relief Kuningan, produk dari logam kuningan yang dibentuk menjadi berbagai macam hiasan seperti kaligrafi, hiasan dinding, dll. Lokasi: Jl. Ambarawa Magelan km 10 Kecamatan Jambu.

5. Kerajinan Bordir

Bordir adalah hiasan pada baju yang terbuat dari payet, bordir dan baju pengantin. Lokasi: Desa Wonorejo Kecamatan Bawen.
Kerajinan eceng gondok semarang
Selain tempat wisata di Semarang yang bagus dan populer ternyata ada juga produk unik yang dihasilkan seperti diatas.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990