28 TEMPAT WISATA SEMARANG YANG PALING BAGUS UNTUK DIKUNJUNGI

Tempat Wisata populer di Semarang
Populer
Sebenarnya Tempat Wisata Di Semarang berjumlah banyak sekali, namun kali ini kami hanya akan merangkum 28 destinasi di kota ini yang sering dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun dari luar kota. Lebih tepatnya dibawah ini adalah kumpulan dari tempat umum (gratis) maupun dikelola kusus untuk wisata (terdapat karcis tiket untuk masuk) yang berada di area Semarang Kota.
Tempat bagus populer di semarang

1. KAWASAN SIMPANG LIMA SEMARANG
Simpang lima

Simpang Lima merupakan alun-alun pusat kota yang berada di persimpangan Jl. Pandanaran, Jl. Gajah Mada, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Jl. Ahmad Yani dan Jl. Pahlawan> Simpang Lima merupakan salah satu pusat kuliner. Jadi buat anda yang ingin wisata kuliner bisa mempir di area Simpang lima ini. Informasi lebih lengkap mengenai makanan anda dapat mengunjungi halaman pusat kuliner Semarang.

2. TUGU MUDA SEMARANG
Tugu Muda

Sebuah taman yang dahulu disebut dengan Wilhelminaplein terletak di tengah persimpangan Jl. Sutomo, Jl. Pandanaran, Jl. Imam Bonjol dan Jl. Sugiyopranoto. Di dalam taman terdapat tugu berbentuk lilin tegak sebagai monumen untuk mengenang heroisme para perjuangan Indonesia. Berbentuk lilin dengan makna semangat yang tak kunjung padam dan pada kaki monumenterdapat relief seperti Relief Pertempuran, Relief penyerangan, Relief Korban dan Relief Kenangan. Lokasinya berada pas di depan Lawang Sewu.

3. LAWANG SEWU SEMARANG
Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan gedung megah berarsitektur art deco yang digunakan belanda sebagai Kantor Pusat Kereta Api (Trem) atau Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij (NIS) yang terletak di komplek Tugu Muda. Bangunan karya arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J. Queendag ini menurut sejarah dibangun tahun 1903 kemudian diresmikan pada tanggal 1 Juli 1907. Masyarakat lebih mengenal gedung ini dengan sebutan Gedung Lawang Sewu. Dalam bahasa Jawa Lawang Sewu yaitu Lawang berarti pintu dan Sewu yang berarti seribu. Sekarang Lawang Sewu menjadi daya tarik wisata tersendiri dan sering digunakan sebagai tempat pameran dalam even-even tertentu

4. MANGROVE MARINE TOURISM SEMARANG
Mangrove Marine Tourism memberikan informasi kepada masyarakat luas agar semakin mengerti arti penting konservasi mangrove dan menjaga kelestarian ekosistem pesisir dan masyarakatnya di masa depan. Mangrove Marine Tourism berada di daerah dukuh Tapak Tugurejo.

5. GOA KREO SEMARANG
Goa Kreo

Goa Kreo adalah sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Menurut legenda, Sunan Kalijaga bertemu sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati. Kata "Kreo" berasal dari Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo. Hingga kini kawanan kera masih menghuni kawasan yang terletak di desa Talun Kacang Kelurahan Kandri Gunung Pati.

6. STASIUN KERETA API TAWANG SEMARANG
Stasiun Tawang

Stasiun Tawang selesai dibangun pada tahun 1914 dengan arsitek J.P. De Bordesdan merupakan pengganti Stasiun Tambak Sari milik NIS yang pertama. Bercirikan arsitektur Indische dengan bahan untuk elemen dinding yang bermotif dan berwarna, menjadikan bangunan ini sangat estetis.

7. GEREJA BLENDUK SEMARANG
Gereja Blenduk

Gereja Blenduk terletak di Jl. Letjen Suprapto No. 32 merupakan bangunan yang memiliki gaya arsitektur Phantheon didirikan pada tahun 1753 sehingga gereja pertama di Semarang dan dipugar pada tahun 1894 oleh arsitek Belanda bernama HPA De Wide dan Westmaass. Disebut gereja Blenduk karena bentuk kubahnya seperti irisan bola, sehingga orang mengatakan "mblenduk" bangunannya dan berbentuk segi delapan beraturan (hexagonal) dengan keunikan interiornya. Sebagai salah satu bangunan kuno di lingkungan Kota Lama yang banyak dikunjungi wisatawan dan sampai sekarang merupakan tempat ibadah.

8. GEDUNG JIWASRAYA SEMARANG
Gedung Jiwasraya

Gedung ini merupakan bekas kantor Nederlandsch Indische Levensverzekering en Lijfrente Maatschappij dirancang oleh arsitek H. Thomas Karsten melalui biro Karsten, Luntjens dan Toussaint pada tahun 1916.

9. TAMAN SRIGUNTING SEMARANG
Taman Srigunting

Taman Srigunting atau Paradeplein dahulu merupakan lapangan para sedadu Belanda dan bagian tak terpisahkan dari bangunan. Berada di area kota lama, tepatnya beada di pusat keramaian antara gereja Blenduk dan juga pasar lawas.

10. KANTOR POS BESAR SEMARANG
Gedung Kantor Pos

Kantor Pos Indonesia selesai dibangun pada tahun 1906, lebih dari setengah abad setelah dibangunnya layanan pos pada tahun 1862. Gedung dengan atap mansard dari gaya kekaisaran Perancis ke 7 pada abad ke 19 tersebut tampil cantik sepanjang masa.

11. GEDUNG MARABUNTA SEMARANG
Gedung kuno marabunta

Gedung Marabunta merupakan gedung teater kota proscenium. Dibangun pada tahun 1864, gedung berdenah elips tersebut mempunyai cafe mewah dan istal di seberangnya. Jalan di depan gedung kemudian disebut Komediestraat. Tapak bangunan yang pada lokasi tusuk sate sebelumnya merupakan kedudukan salah satu bastion yang bernama Ceylon.

12. WADUK JATIBARANG SEMARANG
Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang terletak di desa Talun Kacang Kelurahan Kandri Gunung Pati dengan daya tampung 20,4 juta meter kubik. Waduk ini berfungsi untuk mengatasi masalah banjir, juga menjadi satu daya tarik wisata baru. Di antara waduk ini terdapat jembatan, taman yang indah dan tempat pertemuan.

13. HUTAN WISATA TINJOMOYO SEMARANG
Hutan Tinjomoyo

Tinjomoyo terletak di Sukorejo Gunung pati. Tinjomoyo merupakan hutan wisata yang dapat dimanfaatkan sebagai area combat game, camping ground, outing activity, bird watching, dll. Tempat ini sangat ideal karena pepaduan hutan, bukit dan sungai

14. TAMAN WISATA MARGASATWA SEMARANG
Taman Wisata Margasatwa

Taman Margasatwa Wonosari Mangkang merupakan relokasi dari kebon binatang Tinjomoyo yang berlokasi di pintu masuk Kota. Tepatnya di jalan raya Semarang-Kendal Km 17. Kebun binatang ini dibuka setiap hari untuk umum mulai jam 08.00 s.d 17.00 WIB dan mudah dijangkau dengan transportasi kendaraan pribadi atau umum karena berada di pinggir jalan raya.

15. KAMPOENG WISATA TAMAN LELE SEMARANG
Taman Lele

Daya tarik wisata yang berada di jalur strategis Jakarta-Semarang dulu dikenal dengan Taman Lele ini menyuguhkan danau buatan yang dikelilingi gazebo, sepeda air, kolam renang untuk anak, permainan anak dan beberapa satwa peliharaan. Tempat ini cocok untuk tempat persinggahan bagi mereka yang berkunjung ke sini karena juga tersedia fasilitas penginapan.

16. GOMBEL GOLF SEMARANG
Gombel Golf

Gombel Golf merupakan salah satu padang Golf bertaraf internasional dengan 18 Holes Golf Course, Driving Range 24 bay dan Club House. Gombel Golf ini terkenal dengan Extreme Green Hole dan Club House yang mampu memandang 12 green serta hole 15-nya yang sangat sulit dan menantang.

17. PANTAI MARINA SEMARANG
Pantai Marina

Terletak di sebelah utara Kota, tepatnya di Jl. Yos Sdarso. Pantai Marina menawarkan deburan ombak khas pantai utara yang tenang. Kawasan pantai Marina dilengkapi dengan klam renang, arena bermain anak-anak, gazebo, lapangan voli, pantai, serta rekreasi air yaitu sky air san speed boat.

18. PURI MAEROKOCO SEMARANG
Puri Maerokoco

Puri Maerokoco merupakan miniatur atau taman mini Jawa Tengah yang merangkum semua rumah adat anjungan dari 35 kabupaten dan kota. Terletak kurang lebih 5 Km dari pusat kota tepatnya di Jl. Yos SUdarso satu komplek dengan PRPP. Di dalam anjungan tersebut digelar hasil-hasil industri dan kerajinan yang diproduksi masing-masing daerah. Selain menampilkan rumah-rumah adat, obyek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti sepeda air, perahu, kereta bagi pengunjung. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

19. WATER BLASTER SEMARANG
Water Blaster

Wahana permainan air terbesar di kota yang beralamatkan di Jl. Bukit Candi Golf No. 1. Water Blaster memiliki 5 kolm bermain dan 9 slide serta water out bound untuk mendukung berbagai acara seperti gathering, meeting, birthday party dan sebagainya. Telepon: 024-8500030

20. TAMAN BUDAYA RADEN SALEH SEMARANG
Raden Saleh

Taman Budaya Raden Saleh merupakan Pusat Kesenian Dan Kebudayaan. Terletak di Jl. Sriwijaya No. 29. Dibuka setiap hari untuk umum.

21. MUSEUM RANGGAWARSITA SEMARANG
Museum Ranggawarsita

Museum Negeri Provinsi Jawa Tengah "Ranggawarsita" memiliki lebih dari 50.000 buah koleksi yang memiliki nilai akrkeologis, historis dan budaya. Nama museum yang terletak di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 1 ini diambil dari nama pujangga Indonesia. Telepon: 024-7602389

22. MUSEUM JAMU NYONYA MENEER SEMARANG
Museum Jamu Nyonya Menir

Museum jamu ini didirika pada tanggal 18 Januari 1984> Sebagai pusat informasi, promosi dan sebagai media untuk melestarikan warisan budaya tradisional tentang jamu yang berkhasiat dimana semua bahannya didapat dari air tanah kita sendiri. Pengunjung dapat menyaksikan pemutaran slide tentang cara proses pembuatan jamu serta dapat mencoba jamu Nyonya Meneer. terletak di Jl. Kaligawe. Museum ini buka setiap hari Senin sampai Jumat pada jam 10.00-15.30 tanpa dipungut biaya.

23. MUSEUM MANDALA BHAKTI SEMARANG
Mandala Bhakti

Menempati bekas Gedung Pengadilan Tinggi yang dibangun sekitar tahun 1930-an. Museum Mandala Bhakti merupakan museum perjuangan TNI yang menyimpan banyak koleksi tentang data, dokumentasi, persenjataan TNI baik yang tradisional hingga senjata yang modern. Museum ini terletak di Jl. Mgr. Sugijopranoto.

24. MUSEUM JAMU DAN MURI SEMARANG
Museum Muri

Museum yang memiliki koleksi foto-foto, slide dan peralatan tradisional pembuatan jamu pada masa lalu ini berlokasi di Jl. Setiabudi No. 179 Srondol. Museum ni didirikan oleh Perusahaan Jamu Jago sebagai pusat informasi dan Promosi hasil jamu. Pengunjung tidak dipungut biaya dan dibuka setiap hari Senin sampai Jumat dari jam 08.00 sampai 16.00 WIB.

25. MASJID AGUNG JAWA TENGAH (MAJT)
Masjid Agung

Terletak di Jl. Gajah Raya Kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsari. Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitertural campuran Jawa, Islam dan Yunani. Bangunan Masjid Beratap Limas dengan kubah besar, 4 menara pada tiap penjuru atapnya dan satu menara Asmaul Husna. Di dalam menara terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah.

26. MAJID BESAR KAUMAN SEMARANG
Masjid Kauman

Masjid ini didirikan oleh Ulama Besar berdarah Arab yang bernama Maulana Ibnu Abdul Salim alias Kiai Pandan Arang yang berlokasi di sekitar Pasar Johar. Konon ceritanya Masjid ini pernah pernah terbakar pada tahun 1885 gara-gara tingginya melebihi Masjid Agung Demak dan dibangun kembali atas bantuan Asisten Residen GI Blume dan Bupati Raden Tumenggung Cokrodipuro yang selesai pada tahun 1889 diarsiteki oleh GA Gambier atap tiga susun dengan puncak berhiaskan mustaka.

27. PAGODA AVALOKITESVARA SEMARANG
Pagoda Budhagaya

Bangunan ini terdiri atas tujuh tingkat dan tiap tingkat memiliki empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru. Pagoda Avalokitesvara dibangun pada tahun 2005 dengan keistimewaan arsitektur dari mulai genteng, aksesori, relief tangga (9 naga), kolam naga, lampu naga, air terjun naga, hingga patung burung hong dan lilin, seluruhnya diambil dari China. Terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, terbuka untuk umum setiap hari.

28. KLENTENG GEDUNG BATU (SAM POO KONG) SEMARANG
Klenteng Sampokong

Klenteng Sam Poo Kong dibangun oleh orang Tiongkok bernama Sam Poo Tay Dijen dalam lawatannya ke Semarang. Klenteng ini memberikan inspirasi bagi berkembangnya berbagai legenda mengenai Kota Semarang. Tiap tahunnya bertepatan tanggal 29 Lak Gwee penanggalan Tionghoa diadakan upacara ritual memperingati hari ulang tahun Sam Poy Tay Dijen. Diawali dengan pawai dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok menuju Klenteng Sam Poo Kong. Terletak di Jl. Simongan 129 dan dibuka untuk umum setiap saat selama 24 jam.

Dengan banyaknya tempat bagus dan populer diatas rasanya tidak cukup jika hanya satu hari saja. Tempat wisata diatas belum termasuk dengan destinasi di area banungan / ungaran/ ambarawa / sekitar kabupaten. Oleh sebab itu kami sebagai biro tour lokal menawarkan Paket Wisata di Semarang dengan berbagai macam fasilitas dan pilihan destinasi.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990