20 Tempat Wisata Di Kota Jepara

Kabupaten Jepara terletak paling ujung sebelah utara provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan laut jawa bagian barat dan utara, di sisi timur berbatasan dengan kabupaten Pati dan Kudus, dibagian Selatan berbatasan dengan kota Demak.

Berbicara masalah tempat wisata sudah bisa di ketahui bahwa tempat wisata yang ada di kota Jepara ini kebanyakan adalah pantai, salah satu yang paling terkenal adalah kepulauan Karimun Jawa. Jepara sendiri memiliki luas sebesar 1.004.189 KM.

Kali ini Kawan Kurnia ingin berbagi informasi mengenai tujuan wisata yang dimiliki oleh pemerintah kota Jepara, setidaknya ada 20 destinasi wisata yang akan kami ulas dibawah ini.

temapt wisata di jepara

20 tempat Wisata Di Kota Jepara

1. Museum Kartini
Dalam museum Kartini ini terdapat beberapa benda-benda asli dan bersejarah peninggalan dari kakak kandung RA. Kartini. Selain bernda tersebut ada juga beberapa benda bersejarah lainnya yang menjadi saksi nyata perjuangan kota Jeapra dimasa lampau.

Museum Kartini ini memiliki luas bangunan sekitar 890 m2 yang dibangun menjadi 3 bagian gedung. Jika dilihat dari atas maka akan terlihat bangunan dengan bentuk K T N. Museum Kartini ini buka setiap hari pada pukul 08:00-16:00.

2. Pendopo Jepara
Pendopo ini menjadi tempat wisata bersejarah karena dahulu kala ini menjadi rumah tinggal dari RA Kartini pada waktu kecil hingga beliau menikah. Ditempat bersejarah inilah RA. Kartini meramu, merumus dan memperjuangkan untuk memajukan wanita serta mulai mendidik para murid-muridnya.

3. Pantai Kartini
Masih seputar dengan Kartini, kali ini ada tempat wisata alam yang sudah sangat terkenal yaitu Pantai Kartini. Ini merupakan tempat wisata keluarga yang selalu ramai dukunjungi. Ditempat inibanyak sekali wahana permainan untuk anak kecil dan dewasa. Di pantai ini juga biasanya orang menyebrang menuju ke pulau panjang salah satu pulau terpisah yang berdekatan dengan kota Jepara.

Lokasi Pantai Kartini tepatnya di Jalan Ade irma Suryani Kelurahan Bulu Jepara. Luasnya yaitu 3,5 hektar. Lokasinya sangat dekat dengan pusat kota dan terminal, jadi sangat mudah untuk menemukan tempat wisata panti ini di Jepara. Terlebih itu bersebelahan dengan pantai kartini terdapat pelabuhan Kartini Jepara yang mana ini adalah tempat untuk melakukan penyeberangan menuju ke kepulauan Karimun Jawa yang sangat terkenal itu.

4. Pulau Panjang Jepara
Pulau ini merupakan objek wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh warga lokal dan luar kota, apalagi jika sabtu-minggu, disini banyak sekali para pemancing melepaskan kerinduan untuk sekedar memancing di pinggir pantai. Lokasi pulau Panjang sendiri memiliki luas sekitar 19 hektar.

Untuk menuju ke tempat wisata ini anda harus menyebrang melalui pantai kartini dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit saja menggunakan jasa prahu yang ada di pinggiran pantai Kartini. Selain dari pantai Kartini, anda bisa juga menuju kesana melalui pantai Bandengan.

Pulau Panjang ini masih sangat asri, terdapat banyak sekali pohon besar dan rimbun di pulau tersebut. Untuk mengelilingi pulau ini anda bisa berjalan kaki melalui jalan setapak yang telah disediakan disana. Untuk mengelilingi pulau tersebut anda akan membutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam dengan berjalan kaki.

Pulai panjang ini juga memiliki pasir pantai yang agak putih, sehingga bisa untuk bermain bagi keluarga atau teman-teman anda. Bisa juga digunakan untuk kegiatan outbound jika anda berminat.

5. Pantai Bandengan Jepara
taukah anda nama lain dari pantai Bandengan? yak betul sekali, pantai ini juga desebut dengan nama panti Tirta Samudra. Tempat wisata ini terletak di desa Bandengan yang memilik jarak sekitar 5 kilo meter dari pusat kota Jepara.

Pantai Bandengan ini termasuk salah satu pantai yang memiliki pasir putih di pulau Jawa. Oleh sebab itu banyak sekali warga lokal, luar kota bahkan mancanegara berkunjung di pantai Bandengan ini. Di tempat wisata pantai bandengan ini banyak sekali wahana pendukung untuk berwisata seperti hotel, resort, rumah makan, wahana bermain.

6. Pantai Bondo
Pantai Bondo terletak di desa Bondo Jepara yang tekenal akan pantai dan airnya yang jernih. Namun ketika musim barat, ombak disini akan cukup besar.

7. Pantai Empu Rancak
Tempat wisata ini juga memiliki pasir putih yang tidak kalah menariknya dengan pantai Bandengan dan pulau panjang. Lokasinya terletak di desa Mlonggo Jepara. yang menjadi keistimewaan disini adalah banyaknya warung makan seafood di kawasan tempat wisata ini.

8. Pantai Teluk Awur
Pantai ini terletak di desa Teluk Awur Jepara. Tempat wisata ini ramai dikunjungi ketika musim liburan dan acara adat lomban.

9. Pantai Pungkruk
Tempat wisata pantai Pungkruk ini memiliki kontur datar dan berkarang, lokasinya terletak di desa Mororejo. Di tempat ini banyak juga rumah makan seafood dengan menu andalan ikan bakar dan pindang serani.

10. Air Terjun Songgo Langit
Beranjak dari pantai sekarang kita menuju ke tempat wisata yang lainnya yaitu sebuah air terjun besar dan tinggi yang bernama air terjun Songgo Langit. air terjun songgo langit ini terletak di Desa Bucu Kecamatan Kembang. jaraknya cukup jauh dari kota Jepara yaitu 30 Km, untuk menuju kesana anda akan membutuhkan waktu 1 jam dari kota jepara.

Lebar dari tempat wisata air terjun songgo langit ini adalah 3 meter dengan ketinggian mencapai 80 meter. Panorama disekeliling air terjun Songgolangit ini juga sangat indah dan asri, sehingga ini adalah tempat yang cocok untuk berwisata dan menenagkan pikiran. Jika sedang beruntung anda akan melihat ratusan kupu-kupu warna-warni terbang di sekitar air terjun songgo langit ini.

11. Kura-Kura Ocean Park
Tempat wisata ini berlokasi di dalam wahana pantai Kartini, ini sebuah tempat wisata dimana anda dapat melihat keanekaragaman flora dan fauna laut yang telah didesain sedemikian rupa didalam sebuah akuarium besar.

Objek wisata ini sudah dibangun sejak tahun 2011 dan difungsikan sebagai taman laut kota Jepara. Di tempat ini banyak dipelihara beberapa jenis ikan mulai dari kakap, kerapu, gt, hiu, nemo, dan lainnya. terdapat juga penyu dan kura-kura jinak yang bisa anda sentuh

12. Benteng Portugis
Benteng ini dibangun diatas bukit bebatuan di pinggir laut. Benteng portugis ini berada tepat di depan pulau Mandalika. Benteng ini merupakan tempat wisata sejarah yang patut kita kunjungi.

13. Pulau Mandalika
Dari tempat wisata Benteng Portugis, pulau Mandalika ini berjarak sekitar 2 kilometer. Pulau ini hanya dijaga oleh satu orang diatas mercusuar, jadi pulau ini masih sangat asri. Tempat ini biasanya diserbu oleh para pemancing karena perairannya yang cukup dalam.

14. Benteng VOC
Selain benteng Portugis ada juga benteng VOC yang terletak 500 meter sebelah utara dari alun-alun Jepara. Benteng ini dibangun pada tahun 1678 oleh kolonial Belanda. Di tempat ini anda dapat melihat pemandangan kota Jepara, Pulau Panjang dan Panorama indah lainnya.

15. Wisata Tempur
Desa tempur merupakan tempat wisata dataran tinggi, tempat ini merupakan tempat tertinggi di kota Jeapra, tepatnya berada di desa Keling di lereng gunung Muria. Disini anda dapt menikmati pemandangan alam hijau dengan udara sejuk yang selalu menyelimuti.

16. Wana Wisata Sreni
Tempat wsiata ini terletak di desa Bategede, Nalumsari, Jepara. Ini merupakan tempat hitan lindung di kaki gunung Muria. Disini banyak sekali pohon pinus, sawah, dan beberapa bukit yang indah. Biasanya ini menjadi temapt berkemah dan mendaki bagi para pecintanya.

17. Gong Perdamaian
Gong ini dibuat oleh seorang wali dari kerajaan Demak Jawa Tengah. Usia dari gong ini adalah 450 tahun lamanya. Yang unik adalah gong ini di jaga turun-temurun dan sekarang sudah dipegang oleh keturunan ke tujuh yaitu ibu Musrini yang berada di Desa lajan kecamatan pakis Aji.

Gong ini dimaksudkan sebagai sarana untuk mengajarkan agama Islam di warga daeerah pegunungan yang pada jaman itu masih menganut ajaran animesme.

18. Masjid Mantingan
Masjid ini terkenal karena terdapat makam Mantingan, posisinya sekitar 5 kilometer dari pusat kota Jepara. Masjid ini didirika oleh pangeran Hadirin, suami dari ratu Kalinyamat. Masjid inilah yang merupakan sarana untuk penyebaran agama Islam di daerah pesisir utara pulau Jawa. Masjid ini dibangun pada tahun 1559 dan ini adalah masjid kedua setelah Masjid Agung Demak.

19. Klenteng Hian thian Siang Tee
klenteng ini berada sekitar 24 km dari kota Jepara, litaknya berada di desa welahan. Didesa ini juga meninggalkan beberapa sejarah tiongkok pada jaman itu yaitu 2 buah klenteng yang dibangun oleh tan Siang Hoe dan tan Siang Djie, beliau adalah tokoh pengobatan pada jaman itu.

20 Kepulauan Karimun Jawa
Siapa yang tidak kenal dengan kelupauan Karimunjawa, ini adalah temapt wisata yang disebut juga dengan permatanya pulau jawa. Memiliki banyak sekali keindahan alam bahari mulai dari pantai, terumbu karang, ikan, mangrove dan lainnya. Pulau ini terletak sekitar 80 kilometer dari Jepara, jadi untuk menuju ke pulau tersebut anda harus melewati lautan terlebih dahulu. Salah satu tempat wisata yang terkenal disini adalah kolam penangkaran hiu, disini wisatawan dapat melihat hiu secara langsung bahkan berenang bersama hiu-hiu tersebut.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990