Wisata Gunung Merapi Yogyakarta

Wisata Merapi memang sangat menarik kami punya info buat kalian yang ingin berwisata ke Gunung Merapi. Berikut info yang ingin kami sampaikan sebagai berikut :

Pergi ke jogja ???? bagi kalin yang sedang berlibur ke jogja jangan sampai lupa untuk berwisata ke lereng gunung merapi,disana anda dapat melihat lava atau lahar yang berasal dari letusan gunung merapi pada tahun 2010 lalu. Jika kalian ingin lebih mengetahui lebih banyak dan lebih terperinci tentang apa aja si di wisata merapi itu ?????

Nah jika kalian ingin wisata ke gunung merapi harus menggunakan jeep yang siap disewakan untuk menemani wisata ke lereng gunung merapi. Untuk jeep sendiri banyak berbagai macam jeep dari Jeep Klasik, Mambo CJ, Jeep mitsubishi dan mobil katana mobil - mobil tersebut akan siap mengantarkan kalian menyusuri daerah - daerah yang hancur akibat letusan gunung merapi 2010. Selain itu juga bisa mengunjungi tempat - tempat yang bersejarah pasca letusan gunung merapi.

Berikut tempat - tempat yang dikunjungi di Wisata Gunung Merapi diantaranya sebagai berikut :

 

1. Kali Opak

Kali Opak merupakan salah satu sungai yang berhulu di lereng gunung merapi sebelah selatan. Panjang sungai tersebut sekitar 12 KM dengan kedalaman 30 meter. Sungai ini memisahkan dua desa di kecamatan Cangkringan yaitu desa Kepuharjo dan desa Umbollharjo. Sebelum erupsi merapi 2010, tebing di sungai opak di tumbuhi pepohonan liar yang cukup banyak.Pada 10 Oktober 2012, sungai Opak dilewati lahar panas ketika gunung merapi meletus. Lahar di sungai tersebut berasal dari luapan lahar di sungai Gendol. Letusan tersebut mengakibatkan matinya tumbuh - tumbuhan yang di sekitar sungai dan hancurnya pemukiman warga akibat terjangan awan panas. Matrial pasir dan batu - batu besar di sungai Opak semakin bertambah dari sebelumnya. Namun adanya penambangan pasir dan batu membuat jumlah lahar semakin hari semakin berkurang

2. Meseum Sisa Hartaku

Museum ini terletak di Dusun Ptung, Desa kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Museum ini satu dari sekian banyak rumah yang hancur akibat letusan Gunung Merapi tahun 2010. Keadaan rumah  yang rusak parah mampu membuat kita membayangkan betapa mengerikannya bencana erupsi merapai yang terjadi pada tahun 2010 yang lalu. Untuk benda yang cukup berkesan di dalam museum tersebut adalah jam erupsi, jam ini merupakan satu - satunya jam yang menujukkan waktu ketika rumah atau daerah di wilayah tersebut hancur akibat erupsi merapi. Jarum menujukan angka jam 12 sedangkan jarum panjang menujukkan angka 5 atau dengan kata lain wilayah dusung petung hacur pada pukul 00.05 malam jumat kliwon 5 November 2010

wisata jogja
Gambar 1.1 Jam Erupsi Lereng Gunung Merapi

Didalam museum kita bisa melihat kumpulan benda - benda yang menjadi saksi bisu kedahsyatan erupsi merapi tahun 2010, bendanya adalah mulai dari Sepeda Motor, Benda Pusaka, Gamelan, Karangka Hewan, dan berbagai kelengkapan rumah tangga yang meleleh akibt keganasan awan panas atau lebih di kenal wedhus gembel

3.Bunker Kaliadem

Dibangun sebuah bunker di lereng gunung merapai pada yahun 2005. Bunker tersebut berukuran 12 x 8 meter dan terletak bawah tanah dengan kedalaman sekitar 3 meter, tujuan untu dibuat bunker adalah sebagai tempat persembunyian ketika gunung merapi meletus.

Didalam bunker dilengkapi dengan berbagai tempat yaitu :

  1. Sebuah Ruang Tabung Oksigen
  2.  Kamar Mandi
  3.  Dan Lampu untuk Penenrangan

Diatas bunker kita dapat menyaksikan aliran lava di sungai Gendol. Kita juga dapat menyaksikan Bukit Glagahsari, di sekitaran bunker terdapat hamaparan pasir batu yang terlihat seperti garun. Ditempat tersebut juga tumbuh bnayak sekali bunga edelweys, pemandangan di sana sangat bagus untuk melakukan foto bersama dengan teman, keluarga dan pasangan

meletusnya gunung merapi jogja
Gambar 1.2 Saksi Bisu Meletusnya Gunung Merapi

4. Makam Mbah Maridjan

Siapa yang tihu dengan mbah maridjan ???? orang yang sudah puluhan tahun bertugas menjaga merapi itu akihrnya gugur dalam perang. Berkat kegigihan melaksanakan tugas, banyak orang yang menganggapnya sebagi Pahlawan Merapi. Tak sedikit orang yang menyempatkan diri untuk berziarah ke Makam Mbah Maridjan yang terletak di dusun sruen, desa glagaharjo, kecamatan cangkringan, sleman.

5. Sunrise

Nah jika kalian ada pertanyan " Biskah berpetualang ke merapi dipagi hari ???? " Jelas bisa lah, dengan adanya menggunakan jeep kalian akan bisa menikmati pemandangan merapi yang paling cantik dan indah di banding waktu - waktu yang lain. Pukul 04.00 WIB, kalian akan memulai petualang untuk menyisaksikan terbitnya sang surya di lereng gunung merapi. Dinginnya udara adalah hambatan yang  harus kamu hadapi untuk dapat melihat keagungan Tuhan yang luar biasa. Indahnya lampu - lampu jogja akan menemani perjalanan menuju tempat dimana kmau dapat melihat terbitnya matahari di ufuk timur. Selain jogja masih banyak kota - kota yang mempunyai banyak tempat wisata salah satunya Kota Semarang.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990