Objek Wisata Di Kota Pekalongan Terlengkap (Pantai - Batik - Alam Perbukitan)

Kabupaten atau kota Pekalongan merupakan salah satu kota yang paling terkenal dengan kain batiknya. Salah satu dari 35 kota di Jawa Tengah ini berada di daerah pantura dan berada di pinggi pantai / laut. Pekalongan memiliki topografi yang lengkap mulai dari dataran tinggi dan dataran rendah. Tercatat dalam buku pariwisata Jateng adalah 58 desa berada di dataran tinggi yang sejuk dan 225 desa berada di dataran rendah dekat pantai. Bahkan ada 6 desa diantaranya merupakan desa yang berbatasan langsung dengan pantai.



Pembagian Wilayah Di Kabupaten Pekalongan
  • Pekalongan Barat = Medono · Podosugih · Sapuro Kebulen · Bendan Kergon · Pasirkratonkramat · Tirto · Pringrejo
  • Pekalongan Selatan = Banyurip · Buaran Kradenan · Jenggot · Kuripan Kertoharjo · Kuripan Yosorejo · Sokoduwet
  • Pekalongan Timur = Noyontaansari · Kauman · Poncol · Klego · Gamer · Setono · Kalibaros
  • Pekalongan Utara = Krapyak · Kandang Panjang · Panjang Wetan · Padukuhan Kraton · Degayu · Bandengan · Panjang Baru

Peta wisata pekalongan
> Sumber dari Wikipedia

Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai beberapa tempat / objek wisata yang ada di kota Pekalongan mulai dari objek wisata di dataran tinggi hingga objek wisata di dataran rendah di kota Pekalongan.

OBJEK WISATA PANTAI DI PEKALONGAN

1. Pantai Sunter Depok

Pantai Sunter Depok ini berada di desa Depok kecamatan Siwalan Kab. Pekalongan Jawa Tengah. Pantai ini menyimpan berbagai macam keunikan wisata yang layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Ketika berada di pantai Depok, kita dapat menikmati pula sederetan pohon yang rimbun di garis pantai Depok sehingga bisa menambah kesejukan meskipun cuaca sedang panas.

pantai depok pekalongan sunset

Dikawasan pantai Depok, wisatawan dapat menikmati terbenamnya matahari yang sangat indah. Selain bermain air dan mandi-mandi di pantai Depok, disini sangat cocok untuk wisata keluarga baik dewasa maupun anak-anak karena dipantai Depok ini banyak sekali permainan buatan yang bisa digunakan anak2x bermain, pokoknya bikin betah dechhh.....


2. Pantai Slamaran

Pantai Slamaran merupakan salah satu objek wisata di kota pekalongan yang patut di kunjungi. Pantai ini berada di Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.


Di pantai Slamaran ini wisatawan diperingatkan untuk tidak melakukan aktivitas mandi di laut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Disekitar pantai Slamaran juga terdapat Pantai Cemoro Sewu yang cukup menarik untuk dikunjungi


3. Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Pantai Pantai Kencana berlokasi di Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51153. Secara administrasi dan pengelolaan pantai pasir Kencana ini bisa dibilang sudah siap dan lengkap untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru. Pengelolaan dan fasilitas yang lengkap adalah keunggulan dari pantai Pasir Kencana ini.

Pantai pasir kencana pekalongan

Fasilitas yang ada di Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini diantaranya:
1. Tempat outbound / bermain anak
2. Kamar mandi / WC umum
3. Warung makan dan jajanan ringan
4. Beberapa spot foto selfie
5. Parkir luas
6. Suasana sekitar yang rindang


4. Pekalongan Mangrove Project

Ini merupakan salah satu objek wisata sekaligus belajar untuk mengenal dan menjaga alam kususnya wilayah pantai. Pekalongan Mangrove Project merupakan suatu tempat wisata dimana kita bisa melihat ekosistem mangrove yang sangat bermanfaat untuk menjaga setabilan tanah dari gerusan air laut.

pekalongna mangrove project

Alamat PMP yaitu di Jl. Panjang Indah, Panjang Baru, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51141. Disini wisatawan dapat berkeliling hutan mangrove yang dikelola dengan baik mulai dari pembibitan hingga dewasa dengan menggunakan perahu, sehingga wisatawan dapat secara jelas melihat isi dalam ekosistem hutan mangrove itu sendiri.


5. Pantai Asri Api-Api

Pantai Asri Api-Api berada di daerah Api-Api Wonokerto Pekalongan. Pantai ini belum begitu dikelola dengna baik, untuk akses menuju pantai juga masih tergolong kecil hanya mobil / maksimal elf yang bisa masuk sampai wilayah pantai.

pantai api-api pekalongan

Disini wisatawan bisa menikmati hamparan pasir pantai dan pepohonan yang rindang disekitar pantai. Namun dipantai Api-Api ini dihimbau jangan bermain air / mandi terlau jauh dari pantai.


6. Pantai Rejo

Pantai Rejo berada di Pantairejo, Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah 51153. Sama halnya dengan sebagian besar pantai di Pekalongan untuk menuju ke wilayah pantai ini aksesnya cukup kecil sehingga bus besar sulit untuk masuk kedalam.

pantai rejo pekalongan

Disini wisatawan dapat bermain pasir pantai atau mandi2x di sekitar pantai Rejo, namun tetap hati-hati ya.


OBJEK WISATA BATIK PEKALONGAN

1. Kampung Batik Wiradesa

Wiradesa merupakan salah satu wilayah dimana para penduduknya sebagian besar berprofesi sebagai pengrajin batik. Desa ini berada di desa Kemplong Kecamatan wiradesa. Beberapa tempat yang terkenal adalah Buaran, Kedungwuni, Wonopringgo, Bojong, dll.


2. Kampung Batik Kauman

Kampung batik Kauman berada di Jl. Keputran Ledok I, Kauman, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51127. Disini banyak sekali indrusti rumahan yang langsung dijual di tempat produk-produk batik asli pekalongan dengan berbagai macam motif.

plang kampung batik kauman pekalongan

Harga yang dijual disini juga bervariasi mulai di puluhan ribu hingga juataan rupiah menyesuaikan jenis dan kualitas batik tersebut. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin belanja banyak / grosis. selain harga murah motifnya pun sangat bervariasi.


3. Pasar Grosis Sentono

Beralamat di Jalan Dr. Sutomo No. 1 - 2, Karangmalang, Pekalongan Timur, Karangmalang, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51122. Disini wisatawan bisa memilih sesuai selera karena kebanykan produsen batik di pekalongan berkumpul disini.

pasar grosir sentono batik pekalongan

Mulai dari eceran dan grosis bisa anda dapatkan dengan mudah serta murah di pasar senoto batik ini. Kelebihan berbelanja disini adalah banyaknya jenis dan variasi harga batik berkumpul menjadi 1 tempat sehingga mempermudah para pembeli untuk memilih sesuai keinginan. Selain itu adanya beberapa fasilitas umum lainnya seperti WC, Musola, ATM juga akan membuat konsumen semakin betah berada di tempat ini.


4. Museum Batik Pekalongan

Batik Pekalongan memang terkenal sebagai cikal bakal batik di Indoneisa, tidak heran pemerintah kota Pekalongan membuat museum sebagai penghargaan para pahlawan batik pendahulu disini. Museum Batik Pekalongan berada di Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51141.

museum batik pekalongan


Disini para wisatawan / pengunjung bisa melihat dan mengtahui berbagai jenis motif batik asli pekalongan mulai dari yang kuno hingga modern, mula dari badi tulis, cap hingga print. alat-alat yang digunakan untuk membatik secara manual juga terpajang sangat rapi dan indah di museum ini. Keunikannya lagi adalah pengunjung bisa langsung mencoba membatik di museum ini. Di museum Batik ini juga sering diadakan lomba kontes fashion batik.


5. IBC / International Batik Center

Ini merupakan sentral perdagangan batik mulai dari partai kecil hingga besar. Alamat IBC berada di Jalan Ahmad Yani No.573, Pekuncen, Wiradesa, Pegantungan, Pekuncen, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah 51152.

ibc international batik center pekalongan

Ini seperti pasar grosir sentono namun lebih tertata rapi dan bersih, para wisatawan juga sangat direkomendasikan utuk berbelanja disini karena selain tempatnya yang lebih tertata rapi bersih disini juga banyak skeali ragam pilihan jenis dan harga batik mulai dari kain hingga pakaian jadi.


6. Grosir Batik Lainnya Di Pekalongan

Saking banyaknya tempat grosiran batik baik berupa desa wisata, toko, rumahan di kota pekalongan maka dari itu kita singkat saja menjadi Grosir Batik Pekalongan. Hehehehe....


TEMPAT WISATA SERU PEKALONGAN

1. Buper Outbound Center Linggoasri

Linggoasri merupakan salah satu tempat yang berada di Kecamatan Kajen. Linggoasri ini merupakan dataran tinggi di kota Pekalongan yang memiliki udara sejuk dan pemandangan alam yang indah. Berbagai macam jenis wisata ada di sini mulai dari outbound, pemandangan perbukitan, pemandian air hangat, taman satwa, dll.

linggoasri outbound pekalongan


2. Arung Jeram Lolong Advanture

Beralamat di Karangrejo, Lolong, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah 51182. Disini wisatawan bisa menikmati keseruan yaitu arung jeram di sungai yang masih asri dan bersih.

lolong adventure pekalongan

Selain rafting wisatawan juga bisa melakukan aktivitas outbound, camping di lokasi ini. Tempat wisata ini sangat seru untuk anda para pencari petualangan dalam berwisata.


3. Petungkriono Wisata Seribu Curug / Mata Air

disini merupakan tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan perbukitan yang indah. Disini banyak sekali curug atau mata air seperti
  • Curug Bidadari
  • Curug Sibedug
  • Curug Bulu
  • Curug Lawe
  • Curug Benowo
  • Curug Jlarang
  • Curug Kedung Pitu
  • Curug Kembar
  • Curug Kumenyep
  • Curug Bajing
  • Curug Muncar
Ada beberapa tempat yang sudah dikelola dengan baik dan sudah lama, namun ada juga yang masih baru-baru dibuka.

Petung Kriono Curug Lawe Pekalongan

Selain curug ada juga beberapa puncak yang bisa didatangi untuk melihat pemandangan alam kota Pekalongan yaitu di Puncak Buda dan Puncak Tugu


4. River Welo Asri Petungkriyono

Welo Asri merupakan salah satu tempat wisata terkenal di daerah Petungkriono. Disini wisatawan bisa menikmati arung jeram menggunakan ban di sungai yang sangat jernih.

welo asri rafting pekalongan petungkriyono

Sepanjang jalan menuju tempat ini anda akan melihat rimbunnya pepohonan yang menghijaukan mata anda. Selain itu ada juga spot selfie yang tidak kalah menariknya dengan tempat-tempat wisata lainnya.


Demikian beberapa tempat wisata yang ada di kota Pekalongan Jawa Tengah. Tertarik untuk datang kesini...??

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990