Banyu Tibo Di Laut Pacitan

Pantai Banyu Tibo secara harfiah banyu tibo dalam bahasa jawa yang berarti air jatuh, pantai ini menawarkan pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai kebanyakan yang ada di Indonesia, apa itu ? Di pantai ini terdapat sebuah fenomena alam yang cukup unik yaitu pantai dengan view air terjun. Landscape ini menjadi daya tarik utama dari Pantai Banyu Tibo.

banyu tibo pacitan

Pantai Banyu Tibo ini berada di Pacitan bagian selatan di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai banyu tibo ini sebenarnya sama dengan kebanyakan pantai-pantai di Pacitan pada umumnya, yaitu berpasir putih dan ombak yang lumayan besar karena letaknya di selatan jawa hanya saja adanya air terjun yang membuat pantai ini terlihat berbeda. Air terjun tersebut merupakan air tawar yang berasal dari aliran air bawah tanah pegunungan karst yang berada di sekitar pantai, fenomena ini menambah keunikan dari Pantai Banyu tibo.

banyu tibo di kota pacitanSayangnya area pantai Banyu Tibo tidak terlalu luas, jika air laut pasang kita hanya bisa menikmati pemandangan pantai dari atas tebing. Namun, saat air laut sedang surut, bermain di area pantai yang dilengkapi dengan volume air terjun yang lumayan tinggi jatuh langsung ke pantai adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan, apalagi dengan hamparan yang lumayan luas di atas pantai kita bias camping bersama dengan teman sambil ngopi bersama.


Seperti banyak pantai lain di Pacitan lokasi Pantai Banyu Tibo agak sedikit terpencil dan juga tidak terlalu ramai didatangi wisatawan. Karen untuk menuju ke lokasi ini hanya bisa ditempuh untuk mobil roda 4 seperti avanza / xenia / inova saja, untuk bus belum bisa masuk sampai ke lokasi ini. Saat ini lokasi wisata banyu tibo ini sudah dikelola oleh warg setempat. Jadi bagi anda yang tidak membawa bekal jangan khawatir kaarena disini sudah ada warung makan. Bagi anda yang inngin mencoba turun ke bawah juga sudah ada tangga untuk menuju ke bawah ait terjun banyu tibo tersebut. Hati-hati untuk tidak bermain terlalu ke tengah karena hempasan ombak yang tidak menentu bisa saja menyeret anda ke lautan lepas. Untuk yang suka berpetualang dan camping sambil menikmati kebersamaan bersama teman, suasana seperti ini tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990