Tempat Wisata Batu Bolong Pura Lombok

Pura Batu Bolong merupakan salah satu tujuan utama wisata objek wisata di daerah pantai senggigi Lombok. Posisi pura tersebut sangat dekat dengan pantai senggigi, mataram, lombok barat. Tak heran jika anda wisatawan yang berkunjung ke mataram pasti akan berkunjung pula ke pura batu bolong tersebut. Untuk masuk ke daerah tersebut ada 2 pendapat ada yang harus membayar 10 ribu untuk tiket masuk ada juga yang memberi uang seiklasnya sekedar untuk kebersihan.

pura batu bolong


Pura batu bolong terletak persis di pinggir laut, bahkan bisa dikatakan berada di atas batu hitam yang lebih menjorok ke laut. Jadi jika anda berada di atas pura batu bolong tersebut, anda bisa langsung melihat hamparan air laut sejauh mata anda memandang.

Bentuk pantai di daerah tersebut cukup panjang dengan warna pasir pantainya kecoklatan, serta tumpukan batu alami yang berada di bawah batu besar pura membuat pemandangan lebih dramatis.

Adat di daerah tersebut yaitu menjelang lebaran sebagian umat muslim di Lombok akan pergi menuju pantai sekitar pura batu bolong tersebut guna menikmati kuliner opr ayam, serundeng taliwang dan kue beras serta bebrapa makanan lainnya.

Sejarah Pura Batu Bolong
Menurut sumber yang ada pura batu bolong didirikan oleh Dahyang nirartha sekitar tahun 1500 an masehi. Bayak umat Hindu saat ini bersembahyang disana, ini mungkin disebabkan karena lotaknya di pinggir pantai yang berombah dapat membuat jiwa dan pikiran kita lebih dekat dengan Tuhan karena mengagumi captaanNya.

Terdapat dua pura disana, pertama saat pintu masuk dan kedua berada di atas batu yang menjorok kelaut. Terdapat patung Subali, Sugriwa, Rama, Laksamana, dan patung naga. Mungkin ketika anda masih kecil pernah mennton di seerial televisi tentang kisah Sugali dan Sugriwa.

Penginapan Di Pura Batu Bolong Lombok

Letaknya yang sangat dekat dengan pantai senggigi membuat daerah pura ini memiliki pilihan penginapan mulai dari kelas homestay, hotel, cottage, hinggal resort. Jika nd berada di sana tidak usah khawatir untuk mencari penginapan karena banyak pilihan untuk budget anda.

Beberapa jenis penginapan yang ada di daerah sekitar pura tersebut yaitu:
  • Sasak garden hotel sekitar 200 meter
  • Sunsethouse Lombok sekitar 300 meter
  • Cafe wayan cottage senggigi sekitar 300 meter
  • Hotel puri Senggigi sekitar 350 meter
  • Villa tiga sekitar 400 meter
  • De cliff villa sekitar 500 meter
  • Sunset lavinia hotel sekitar 500 meter
  • Villa mataano sekitar 550 meter
  • Villa matahari terbenam sekitar 600 meter
  • Indah homestay sekitar 700 meter
Masih banyak lagi pilihan penginapan untuk anda. Selain penginapan yang banyak anda juga bisa belanja berbagai kerajinan oleh2x khas lombok di daerah tersebut seperti kaos, gantungan kunci, celana, pin, topi, mutiara, snack khas lombok, makanan khas lombok, dll.

Peta Lokasi Pura Batu bolong

Letaknya berada di jl raya Senggigi sekitar 13 km dari kota Mataram.



Untuk menuju ke pura tersebut anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang ada di lombok. Jika anda termasuk dalam rombongan paket wisata kawan kurnia tour maka tidak usah repot memikirkan transportasi menuj ke sana.

Gambar Foto Pura Batu Bolong

jalan menuju pura batu bolong

pantai dekat pura batu bolong lombok

pemandangan dalam pura batu bolong

pintu masuk pura batu bolong

batu berlobang pura lombok

Demikian sedikit informasi mengenai tempat objek wisata di Lombok yaitu Pura Batu Bolong, semoga info ini bisa berguna untuk rencana perjalanan anda.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990