Profil Pantai Sekotong Lombok Barat Untuk Kunjungan Wisatawan

Siapa yang tidak kenal pulau Lombok? Suatu tempat wisata bahari yang sangat mendunia. Tujuan destinasi wisata setiap orang baik domestik dan mancanegara untuk mengisi hari liburnya, itulah pulau Lombok. Berbagai tempat wisata ada di sini, salah satunya adalah pantai-pantai di daerah Sekotong Lombok Barat.

Profile Sekotong Lombok Barat

Sekotong Lombok Map



Sekotong termasuk kawasan Lombok bagian barat. Sekotong sendiri merupakan suatu kecamatan yang mana memiliki banyak sekali pantai untuk tujuan wisata anda. Untuk menuju ke Sekotong anda hanya membutuhkan waktu selama 2 jam saja dengan jarak tempuh sekitar 60 Km dari kota Mataram. Dari mataram anda bisa menggunakan mobil pribadi / angkutan umum yang disediakan di mataram menuju sekotong.

Seperti yang tertulis diatas, kecamatan Sekotong memiliki beberapa pantai yang cocok untuk tujuan wisata anda. Beberapa daftar temapat wisata di Sekotong Lombok barat yang bisa anda hampiri yaitu:

Daftar Pantai Sekotong

Di kecamatan Sekotong ada beberapa jenis pantai dan juga beberapa jenis pulau kecil yang sering disebut gili.
  • Gili Nanggu
  • Gili Asahan
  • Gili Rengit
  • Gili Lontar
  • Gili Poh
  • Gili Gede
  • Pantai Belongas Bay
  • Pantai Pandanan
  • Pantai Mekaki
  • Pantai Bangko Bangko
  • Pantai Elaq – Elaq
  • Pantai Batu Surat
  • Teluk Sepi
  • Teluk Panggang
  • Tanjung Jagog Nambung
Dari beberapa daftar diatas, kami coba untuk mengulas beberapa pantai untuk anda:


Pantai Batu Surat Sekotong Lombok
Pantai Batu Surat Sekotong bebentuk seperti taman yang dibangun dengan sedemikian rupa untuk kenyamnan wisatawan disana. Pantai batu surat ini memiliki tangga agar anda bisa menuju ke bibir pantai. Pantai disni tidak semuanya pasir putih, dapat dilihat dari gambar diatas, pantai ini dicampuri juga dengan bebatuan hitam.

Anda bisa berfoto dan melihat pemandangan dari atas maupun dari bawah pantai batu surat sekotong tersebut. Jangan lupa membawa keluarga / teman agar liburan anda semakin meriah.


Pantai Bangko-Bangko Sekotong merupakan salah satu tempat incaran utama bagi mereka yang senang dengan olahraga extrime surfing. Tidak lengkap rasanya jia berkunjung ke Sekotong Lombok anda tidak mencoba surfing (bagi yang bernyali). Di pantai bangko-bangko ini anda bisa menantang ombak yang sangat indah untuk berselancar disana. Pantai bangko-bangko ini juga dikenal dengan sebutan desert point, dimana memiliki sebuah arti tempat tujuan utama. Jadi bagi anda yang hobi dan suka sekali berselancar jangan sia-siakan untuk mencobanya jika anda berada di pantai sekotong lombok barat ini.


pantai putih elaq-elaq sokotongPantai Elaq-Elaq di Sekotong ini merupakan salah satu pantai yang sangat indah disana. Memiliki pasir pantai yang putih dan panjang pantai yang memuaskan mata. Disini anda bisa bermain sambil menikmati jemuran matahari untuk membuat kulit anda semakin exotis. Pantai elaq-elaq ini memiliki warna air biru toska jernih

Pantai ini tidak memiliki ombak yang besar seperti di pantai bangko-bangko, jadi anda bisa aman jika membawa anak kecil bemain disini. anda bisa berjemur, berenang, bermain pasir putih halus, berfoto di dekat pantai. Namun juga harus hati2x tetap gunakan alas kaki untuk menjaga dari sengatan biota disana


pantai mekaki sekotongPantai Mekaki berada di kecamatan sekotong lombok barat. Pantai mekaki merupakan pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih yang panjang. Air laut jernih juga akan menambah kenyamanan jika kita berada di sana. Ombak tenang karena kontur geografisnya yang tertutup oleh pulau akan membuat wisata anda terasa aman bersama keluarga bahkan membawa anak kecil sekalipun.

Kegiatan disini bisa bermacam-macam. bermain volly pantai, bermain sepak bola pantai, berenang, hunting foto, dan sebagainya. Hal itu dikarenakan luas dan bentuk pantai yang sangat panjang dan lebar bisa digunakan anda untuk melakukan kegiatan apapun disana (yang positif).

pantai mekaki lombokPantai Mekaki juga sangat cocok digunakan untuk berjemur sambil melihat pemandangan air laut yang jernih dan merasakan belaian angin pantai sepoi-sepoi. Jangan sampai anda tidak mampir ke pantai mekaki ini jika anda berada di sekotong / lombok barat ya.

Pantai ini akan membuat anda untuk tidak tahan diri untuk melakukan kegiatan gokil bersama teman dan soudara anda. lihat saja bentuk pantainya pada gambar disamping ini. Sudah dipastikan berada di sini membuat anda enggan untuk beranjak dari sana.


pantai nambung sekotongPantai Nambung Sekotong juga merupakan pantai yang teramat indah untuk dinikmati. Disini anda bisa menikmati indahnya pesona alam pantai pasir putih bersih dan sangat panjang. Di pantai nambung ini andabisa melihat aktifitas budidaya rumput laut yang dilakukan oleh warga sekitar.

Selain budidaya rumput laut, di lombok secara keseluruhan banyak sekali budidaya yang dilakukan untuk menjaga dan melestarikan sumberdaya alamnya seperti budidaya karang, budidaya penyu, budidaya kerang mutiara, budidaya ikan, dll

Daftar Accommodation / Penginapan di Sekotong

Jangan kawatir jika anda ingin menginap di daerah sekotong, karena disini terdapat banyak sekali penginapan dari harga murah ingga sedang. Adapun bebrapa daftar penginapan yang bisa kami berikan diantaranya:
  1. Nirvana Gili Sundak Sekotong Barat
  2. Villa Yukie Sekotong
  3. Cocotinos Sekotong Lombok
  4. Krisna Bungalow and Restaurant
Anda juga bisa mencari homestay di daerah sekotong bagi anda yang merencanakan wisata dengan low budget.

Sekotong Lombok Diving

Tidak lengkap rasanya jika berwisata de pantai / laut jika tidak melakukan aktifitas selam / diving. Di sekotong lombok barat seniri anda bisa melakukan diving dengan aman dan nyaman. Pilihlan lokasi yang banyak terumbu karang dan ikan karang. jangan lupa gunakan jasa master guide di lombok yang menguasai medan disana. Jangan sendirian untuk melakukan diving dimanapun suntuk safety termasik di sekotong sendiri.

Anda bisa menggunakan jasa seperti diveharasti / divezone lombok / dive centernya cocotinos lombok barat untuk mengantarkan anda ke dive spot terbaik disana. Saat menyelam di sekotong anda bisa menemukan terumbu karang dengan bernagai jenis serta ikan karang yang bersimbiosis dengannya. Selain biota itu anda bisa juga menemukan penyu, manta, hiu jika beruntung.

Ketika berada di lombok, jangan lupa juga untuk mampir dan bermain ke pantai lainnya seperti pantai batu bolong yang terkenal akan batu besar berlubang yang menjorok kelaut, pantai sengigi lombok yang tekenal akan keindahan pantainya, dan tiga gili ternama di lombok gili trawangan, gili air, dan gili meno.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990