KALIBIRU KULON PROGO

KALIBIRU KULON PROGO

Kalibiru adalah salah satu tempat wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata alam hutan kemasyarakatan kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta, pada ketinggian 450 mdpl.

Dari puncaknya pengunjung bisa melihat pemandangan perbukitan di bukit menoreh sekaligus dapat melihat waduk Sermo dari atas bukit. Bahkan jika cuaca cerah tampak hamparan pasir putihnya pantai selatan. Dari puncaknya juga, jika melihat arah ketimur terlihat tampak dataran luas hingga nan jauh ke timur. Jika anda menginap malam di kalibiru anda berkesempatan bisa melihat sunrise dari puncaknya.

Desa wisata kalibiru Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kokap Kulon Progo DIY Kalibiru merupakan kawasan hutan yang di kelola oleh masyarakat sekitar.

kalibiru
Gambar 1.1 Kalibiru Kulonprogo
Area tempatnya cukup sejuk (saat pagi) dan juga cukup mudah di jangkau untuk kendaraan (namun harus hati-hati karena jalanan nya berbelok naik turun, mesin kendaraan pun harus kuat ditanjakan curam). Fasilitas yang ada cukup baik, mulai dari tempat makan (harga makan standar), tempat pertemuan, tempat penginapan, kamar mandi/wc, mushola, tempat ini cocok untuk acara forum maupun outbond.

Untuk sampai ke tempat wisata kalibiru anda harus tracking dari tampat parkir kendaraan selama kurang lebih 20 menit sampai puncak. Saat anda tracking sudah di suguhi pemandangan indah nan sejuk sehingga anda jika wisata kalibiru semakin betah dan berlama-lama bersantai disana.

Tiket masuk wisata Kalibiru cukup murah tiket masuknya Rp. 5.000,-/orang. Jika anda ingin bermain outbond terkena biaya sendiri untuk semua permainan. Kalibiru sudah tidak asing di telinga anak muda atau orang-orang. Karena sudah sangat terkenal dengan wisata alam yang sejuk dan nyaman untuk bersantai atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau pasangan.

kalibiru kulonprogo
Gambar 1.2 Pesona Alam Kalibiru

Para wisatawan tidak hanya orang lokal dari DIY dan sekitar, tapi banyak juga wisatawan non lokal banyak turis dari manca negara yang berwisata ke kalibiru.

Jika anda berlibur di kalibiru jangan lupa mengisi full batrai handpone kalian karena kalau sampai kehabisan baterai handpone anda bakal nyesel karena tidak bisa mengebadikan moment saat di Kalibiru.

Tips Berkunjung di tempat wisata ini :

1. Jika anda pergi berkendaraan sendiri  dengan motor atau mobil pastikan kendaraan yang anda gunakan fit untuk naik gunung. Patikan rem masih bagus untuk perjalanan naik turun gunung.
2. Lebih nyaman sampai tempat saat pagi hari atau sore hari, atau datang dimusim hujan namun ( disaat langit cerah )

Wisata alternatif lain di Kulon Progo:

1. Kebun Teh Nglinggo
Ingin merasakan kesejukan kebun teh di DIY ? Berkunjunglah ke Kebun Teh Nglinggo yang terlatak di kabupaten Kulonprogo. Kebun Teh yang berada di Ketinggian sekitar 800 mdpl ini menjadi wisata baru.
2. Goa Kisendo
Goa Kisendo berada di tempat yang lebih tinggi sehingga udaranya sangat sejuk meskipun siang hari, namun tidak sedingin kaliurang ( Sleman )
3. Air Terjun ( Curug ) Sidoharjo
Salah satu air terjun di kulonprogo yang masih alami. Letaknya di samigaluh kulonprogo. Waktu tempuh dari kalibiru sekitar 30-45 menit.
4. Puncak Suroloyo
Ini adalah puncak paling tertinggi di kawasan pegunungan menoreh. saat cuaca cerah kita bisa melihat indahnya pemandangan 4 gunung : Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Waktu yang di tempuh dari kalibiru sekitar 1-1,5 jam.






Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990