18 TEMPAT WISATA DI KABUPATEN SEMARANG YANG SANGAT UNIK

Tempat Wisata Unik di Semarang
Populer
Tempat Wisata Di Kabupaten Semarang jumlahnya termasuk sangat banyak. Dimana tempat wisata tersebut memiliki keunikan sendiri-sendiri. Jika anda berlibur ke kabupaten Semarang jangan lupa untuk mengunjungi destinasi yang jarang ditemui di kota lain, dan berikut akan kami paparkan rinciannya:
Tempat wisata kabupaten Semarang

18 Tempat Wisata Semarang

1. Wana Wisata Penggaron
Tempat wisata Semarang yang unik nomer satu bernama ‘Wana Wisata Penggaron’. Berada di bawah pengelolaan PT. Perhutani. Terletak di BKPH Penggaron. Kawasan Penggaron ini menarik untuk dikembangkan sebagai wisata alam pegunungan seperti berkemah, tracking, olahraga, dsb. Sebagai pendukung rekreasi saat ini telah tersedia lapangan golf dengan 6 hole, camping ground, sirkuit motorcross dan area bermain anak. Saat ini telah dirintis kerjasama antara Pemkab dengan PT Perhutani untuk pengembangan Taman Safari di area Kebun Raya.

2. Air Terjun Semirang
Tempat wisata kedua yang unik adalah ‘Air Terjun Semirang’ yang terletak di desa Gogik, lereng gunung Ungaran dengan pemandangan menarik ke arah kota Ungaran. Topografi sekitar kawasan ini cocok untuk area tracking, sepeda gunung dan olahraga gunung lainnya. Selama perjalanan, pengunjung diajak menikmati suasana perkebunan pala dan kopi di kanan kirinya.

3. Wana Wisata Umbul Songo
Tempat wisata di Semarang yang unik ketiga adalah Wana Wisata Umbul Songo terletak di Jl. Umbul 9, Kopeng Kecamatan Getasan. Destinasi ini menawarkan sembilan air terjun (tuk songo) dengan fasilitas taman bermain bagi anak-anak. Jalur / jlannya dapat dicapai dengan berkuda, berjalan kaki serta dapat dikembangkan sebagai area tracking (1,5 Km dari gerbang masuk).

4. Curug Kembar Bolodewo
Tempat wisata di Semarang keempat adalah ‘Air Terjun Bolodewo’. Memiliki keunikan karena terdapat 22 air terjun dengan lokasi bersebelahan. DI daerah ini dapat dijumpai pula makanan khas desa itu yaitu "montor mabur" yang terbuat dari singkong dipadukan dengan gula aren. Curug istimewa ini terletak di desa Wirigomo Kecamatan Banyubiru, 25 Km dari kota Ungaran.

5. Candi Gedongsongo
Candi songo semarang

Siapa yang tidak kenal dengan Tempat wisata di Semarang yang satu ini. Sebuah komplek candi yang berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di desa Candi Kecamatan Bandungan, sekitar 30 Km dari kota Semarang. Candi Gedongsongo ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan termasuk salah satu peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke 9 (tahun 927 M). Selain wisata budaya, kawasan candi juga menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian yang indah dengan hawa yang sejuk serta pemandian air panar, area perkemahan, berkuda.

6. Museum Kereta Api Ambarawa
Ini merupakan tempat wisata utama di area Ambarawa Kabupaten Semarang. Namanya adalah Museum Kereta Api Ambarawa, terletak di pusat kota Ambarawa, Jl. Stasiun No. 1 Ambarawa Jawa Tengah, dekat jalan utama Semarang-Jogja, sekitar 20 Km dari kota Ungaran.

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan satu-satunya museum kereta api berteknologi kuno peninggalan penjajah di Indonesia. Museum ini juga menyediakan paket wisata yaitumenumpang kereta tenaga uap yang melalui rel bergerigi sambil menikmati alam pedesaan dan pegunungan. Stasiun Ambarawa dibangun karena keinginan Raja Willem I untuk memudahkan pengangkutan pasukan militer. Tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Rustam menjadikan Stasiun Ambarawa sebagai Museum Kereta Api. Meski kuno, gedung dan segala detail perlengkapannya masih terawat dengan baik. Suasana ini seolah membawa pengunjung ke masa kejayaan kereta api peninggalan Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij.

7. Umbul Sidomukti
Tempat wisata di Kabupaten Semarang yang unik nomer tujuh adalah ‘Kawasan wisata Umbul Sidomukti’. Ini merupakan salah satu wisata alam pegunungan yang didukung fasilitas outbond training, taman renang alam, camping gound, pondok wisata, pondok lesehan, serta meeting room, lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam, ATV, kolam renang alami dan jalur tracking. Umbul Sidomukti berlokasi di desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

8. Goa Maria Kerep
Tempat wisata unik di Semarang selanjutnya adalah ‘Goa Maria’. Ini merupakan tempat wisata religi bagi umat Katolik. Jadi selain bisa dikunjungi untuk umum di sini juga banyak kegiatan keagamaan. Setiap minggu kedua dalam setiap bulan ada misa yang dikunjungi oleh ribuan umat Katolik di Indonesia. Goa Maria Kerep terletak di desa Ambarawa 22 Km dari kota Ungaran, 50 Km dari kota Semarang.

9. Bukit Cinta Rawa Pening
Tempat Wisata di sekitar Kabupaten Semarang yang tergolong unik nomer Sembilan yaitu ‘Rawa Pening’. Disini menyuguhkan hamparan panorama yang membiru serta pesona hijaunya Bukit Brawijaya. Telaga dan pangkalan perahu-perahu mengelilingi telaga. Terdapat juga gardu pandang yang dapat dijadikan tempat melihat pemandangan indah sekitar Rawa Pening.

Bukit Cinta terletak di Jl. Alternatif Salatiga-Ambarawa, Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru, 45 Km dari kota Semarang.

10. Kampoeng Kopi Banaran
Bagi pecinta kopi tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata unik yang satu ini. Nmanya ‘Kampoeng Kopi Banaran’ berdiri di kawasan perkebunan kopi milik PTP IX, utara Rawa Pening tepatnya di Jalan Raya Bawen-Solo Kecamatan Bawen, Desa Ngasinan Kecamatan Bawen. Agrowisata ini sangat cocok untuk jalan dan lari santai, berkuda, bersepeda, serta terdapat gardu pandang sebagai tempat menikmati alam perkebunan dan outbond training.

11. Agrowisata Kencana
Tempat wisata ini unik karena menggabungkan 2 konsep menjadi satu. Namanya adlaah ‘Agrowisata Kencana’ berlokasi di Jl. Bima Sakti Raya No. 25 Ungaran Barat, menawarkan unsur alam untuk kegiatan outbond dan telah dilengkapi oleh Villa kamar meeting room.

12. Balemong Resort
Resort Balemong ini bukan sekedar penginapan namun juga tempat wisata yang menawarkan suasana pedesaan dengan konsep arsitektur tradisional Jawa kuno dan nuansa kolonial Bealanda. Berdiri di lahan seluas 4 hektar di kaki gunung Ungaran. Resort ini didukung dengan fasilitas modern dan pelayanan profesional.

13. Tlogo Resort Dan Goa Rong View
Tempat wisata di Semarang yang unik nomer tiga belas adalah ‘Tlogo resort dnegan view goa rong. Terletak di desa Delik Jl. Raya Tuntang-Bringin Km 2, arah menuju kota Salatiga. Tlogo merupakan agrowisata yang memiliki pemandangan perkebunan kopi dan karet peninggalan Belanda yang indah dan dilengkapi dengan fasilitas cottages, area pancing dan rumah makan.

14. The Fountai Water Park
Bagi yang membawa anak kecil / keluarga cocok rasanya jika mampir ke tempat wisata ‘The Fountain’. Disini menawarkan wahana permainan air dan outbond arena dengan pemandangan dan kesejukan gunung Ungaran. Dilengkapi pula dengan resto yang akan memanjakan lidah, serta wahana permainan anak yang menyenangkan. The Fountain terletak di Jl. Bima Sakti Raya No. 16, (Mapagan) Ungaran Barat. Telepon: 024-70215019 / 74080987

15. Pemandian Muncul
Tempat wisata ini tergolong unik karena terkenal dengan air kolam yang sangat jernih. Pemandian Muncul yang terletak di Jl. Alternatif Salatiga-Ambarawa, Desa Rowoboni Kecamatan Banyubiru ini merupakan pemandian alam dari sumber air alami. Selain fasilitas kolam renang, pemandian Muncul juga merupakan area pembibitan dan pemancingan ikan. Pesona hamparan sawah yang dibelah oleh sungai kecil dengan panorama alam Bukit Muncul.

16. Curug Tujuh Bidadari
Tempat wisata unik di Semarnag selanjutnya adalah ‘Air Terjun Curug Tujuh Bidadari’ terletak pada tebing yang tidak terlalu tinggi namun memiliki ciri khas tersendiri. Air terjun ini memiliki tujuh aliran yang terjun dari satu sumber. Di lokasi ini juga terdapat sumber air suci yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Curug Tujuh Bidadari terletak di Desa Keseneng Kecamatan Sumowono, 9 Km dari Candi Gedong Songo.

17. Air Terjun Curug Lawe
Tempat Wisata unik selanjutnya adalah Air terjun yang sangat indah yang terletak di desa Kalisidi Ungaran Barat, sekitar 12 Km dari Kota Ungaran. Curug Lawe merupakan air terjun di bawah gunung Ungaran, terletak di area perkebunan cengkeh. Merupakan air terjun yang masih sangat alami denga ketinggian air terjun kurang lebih 30 meter.

18. Taman Djamoe Indonesia
Tempat wisata selanjutnya adalah ‘Taman Djamoe Indonesia’. Ini adalah wujud nyata kepedulian Ibu Meneer terhadap kelestarian aneka jenis tanaman jamu Indonesia. Oleh DR. Charles Saerang, generasi ketiga Ibu Meneer, taman seluas 3 hektar merupakan taman koleksi tanaman jamu terlengkap yang digunakan oleh seluruh produsen jamu di Indonesia dengan lebih dari 600 spesies tanaman jamu di dalamnya. Pengunjung dapat menikmati beragam fasilitas seperti herbal plantation tour, spa, restoran, gift shop, ruang audio visual dan amphiteater. Taman Djamoe terletak di Jalan raya Semarang Bawen Km 28 Bergas.
Tempat wisata di kabupaten semarang
Setiap destinasi memiliki keunikannya masing-masing, sama halnya dengan seni dan kebudayaan Kabupaten Semarang yang juga memiliki keunikannya sendiri. Bagi anda yang ingin berkunjung ke mari dan mengambil paket wisata silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990