10 TEMPAT WISATA YANG WAJIB DI KUNJUNGI DI KABUPATEN PEMALANG

Kabupaten Pemalang dengan ibukotanya Kota Pemalang, memiliki luas wilayah 102.200 ha. Secara geografis dibagian selatan merupakan dataran tinggi yang berhawa sejuk penuh dengan panorama alam pegunungan dan di bagian utara berupa dataran rendah. Berikut Wisata yang wajib di kunjungi di Kabupaten Pemalang

Daftar tempat wisata di Pemalang


WIDURI WATER PARK 

Widuri Water Park terletak di dalam kawasan pantai Widuri dengan luas area mencapai 6,5 hektar. Widuri Water Park menawarkan beragam wahana permainan air antara lain : Wahana bumerang (Little Rip), Seluncur(Water Slide), Permainan Anak(Kid Water Playground) yang di lengkapi ember tumpah, Kolam Arus,(Lazy Ravers), Wahana Dermaga, Ventura River, maupun Food Court & Resto yang siap menyajikan Makan dan Minuman.

Kolam renang widuri pemalang
Gambar 1.1 Widuri Water Park

PANTAI WIDURI

Pantai terletak di utara pulau Jawa, sekitar 5 KM dari pusat kota Pemalang, memiliki pemandangan pantai yang elok dan sejuk karena banyak tumbh pohon Angsana yang berusia ratusan tahun. Pantai selalu ramai dikunjungi pada waktu pagi hari dan sore hari untuk menyaksikan sunrise dan sunset. Di Kawasan Wisata Pantai Widuri ini juga terdapat Sirkuit Road Race dan Drag Rase bagi mereka yang memiliki hobi otomitif atau sekedar jogging.
Widuri Beach
Gambar 1.2 Pantai Widuri Pemalang


PANTAI KRAMATSARI

Berada di desa Blendung, Kecamatan Ulujami atau 27 KM arah timur laut Kota Pemalang, pengunjung pantai akan dimanjakan dengan jajaran pohon cemara tanaman bakau yang tumbuh subur. Keindahan pantai tampak pada saat pagi hari atau sore hari.
Kramatsari Beach
Gambar 1.3 Pantai Kramatsari Pemalang

PANTAI JOKO TINGKIR

Pantai Joko Tingkir terletak di Desa Nyamplungan, Kec. Petarukan, 12 KM timur laut kota Pemalang. Pantai ini sangat cocok untuk wisata keluarga karenalandai dan ombaknya tidak begitu besar. Keelokan lainnya ialah bangunan kios pedagang yang terbuat dari bambu dan atap rumbia.
Pantai Joko Tingkir
Gambar 1.4 Sunrise di Pantai Joko Tingkir

TELAGA SALATING

Sebuah mata air yang jernih dan segar dikelilingi oleh perbukitan yang hijau menjadi pemandangan yang menenangkan bagi pengunjung yang datang di tempat ini. Telaga Salating terletak di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, 32 KM arah selatan kota Pemalang.Pengunjung dapat berkeliling di telaga meggunakan becak air yang telah disediakan dengan biaya sewa yang sangat terjangkau.
Telaga di Pemalang
Gambar 1.5 Telaga Salating Pemalang

CURUG BENGKAWAH

Curug Bengkawah adalah air terjun setinggi 20 meter yang terletak di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, 35 KM arah selatan Kota Pemalang. Tebing-tebing menjulang dan suara gumuruh air mewarnai keelokan pemandangan di kawasan ini.

Curug di Pemalang
Gambar 1.6 Curug Bengkawah Pemalang

ARGO WISATA KEBUN TEH SEMUGIH

Sebuah areal yang luas diselimuti hawa dingan dan dikelola oleh Agrowisata PTP Nusantara IX. Kebun Semugih terletak di Desa Semugih, Kec. Moga, 50 KM dari pusat kota. Wilayah perkebunan teh seluas 356 ha ini telah dibuka untuk para wisatawan yang ingin menikmati panorama alam hijau yang penuh kesejukan. Pengunjung juga bisa melihat cara pembuat teh pabriknya atau meneliti tanaman teh yang tumbuh dari zaman dahulu ketika perkebunan masih dikuasai oleh Pemerintah Belanda. Hingga kini di salah satu areal perkebunan itu masih terdapat tanaman yang ditanam sejak tahun 1835. Tersedia fasilitas samping ground dan outbound.

Kebun Teh
Gambar 1.7 Kebun Teh Semugih

ARGOWISATA JEMBE KEMBAR

Argowisata Jembe Kembar sangat cocok sebagai lokasi rekreasi keluarga karena menyajikan suasana pegunungan dan perdesaan yang sejuk dan alami. Tersedia fasilitas penginapan yang disewakan dengan harga terjangkau, Rumah makan, Ruang pertemuan, dan Mini waterboom dari sumber mata air yang segar
dan alami. Agrowisata Jambe Kembar terletak di Desa Belik, Kecamatan Belik.

ZATOBAY WATERBOOM

Wahana permainan air yang terletak di Desa Wanarejan Selatan, Kecamatan Taman. Wahana ini cocok bagi anak maupun dewasa dan telah dilengkapi berbagai fasilitas mendukung.

Gambar 1.8 Waterboom Zatobay


RAINBOW RAFTING PEMALANG

Di desa Kecepit, Kecamatan Randudongkal terdapat wisata minat khusus, arung jeram. Pemandu terlatihdan profesional dengan dilengkapi peralatan pengaman (helm, pelampung & dayung) siap mengajak pengunjung untuk memacu adrenalin dengan melitas sungai berarus cukupderas sepanjang 9 km. CP. Hami Gunanto Hp. 081 5655 2699.
Gambar 1.9 Rafting Rainbow Pemalang



KEUNIKAN SENI BUDAYA 

> Silakupang, perpaduan seni tradisional Sintren, Lais, Kuntulan dan Kuda Kepang.
> Tari Selendang Pemalang, Drama tari yang menceritakan tentang keramahtamahan masyarakat Pemalang dalam menyambut tamu yang datang berkunjung ke Kabupaten Pemalang.
>Tari Nyi Widuri, Drama tari yang mengisahkan tentang kisah sejarah Pantai Widuri dan legenda tentang Pasangan yang bari menikah dan memadu kisah di Pantai Widuri.
>Baritan, Sedekah laut yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Asem Doyong dan Kelurahan Sugihwaras (Tanjungsari) setiap 1 Sura.

KERAJINAN KHAS

>Batik Pemalang, memiliki motif yang khas dan telah dipatenkan, antara lain : Gemek Setekem, Sawat Rante, Karang Widuri, Grombyangan, Simbar Kencana, Sawung Lunih, dan yang lainnya. Sekar Manggar di Desa Jebed, Arum Cempaka di Desa Cibelok, dan Griya Batik Arta Kencana di Perum Taman Asri Blok B2, Kecamatan Taman.
>Sarung Goyor/ATBM, sentra sarung goyor (ATBM) tersebar di Desa Wanarejan Utara.
>Sapu Glagah, banyak dihasilkan oleh warga di Desa Watukumpul.

KULINER

>Nasi Grombyang, terbuat dari rebusan daging sapi yang dipotong-potong berbentuk dadu kemudian dicampur dengan koyor atau tulang muda. Rebusan daging diberi bumbu-bumbu dan srundeng sehingga matang. Nasi Grombyang dihidangkan di atas mangkok kemudian di taburi daun bawang bersama nasi.
Warung makan yang menjual Nasi Grombyang dapat dijumpai di sekitar alun-alun Pemalang atau RM Grombyang "H.Warso",Jl. RE. Mandinata dan RM Grombyang "Waridin",Jl. Gatot Subroto, Sirandu.
>Kamir, kue tradisional khas Pemalang ini memiliki rasa yang manis serta empuk. Kue Kamir Pemalang dibuat pertama kali oleh orang Arab, sehingga dikenal juga sebagai kue kamir Arab. Kue Kamir berbentuk bundar piph dengan bahan baku adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, telur, mentega dan pisang untuk memperkaya rasa.
>Ogel-ogel, Ogel-ogel merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung beras ketan, telur, dan keju. Adonan dimasukkan dalam sebuah tabung, kemudian dipompa sehingga adonan keluar dari lubang-lubang kecil sebesar jari kelingking. Adonan tersebut dipotong-potong dan digoreng hingga berwarna kecoklatan.

AKOMODASI HOTEL


>> HOTEL 
- HOTEL REGINA ( Jl. Raya Pantura Pemalang - Petarukan Km. 10 - Telp 0284-325 253, 332 111 )
- HOTEL THE WINNER PREMIERE ( Jl. A. Yani Selatan Rt.02/02 Mulyoharjo - Telp 0284-321 209 )
- HOTEL KENCANA  (  Jl. Kenanga Rt.01/12 Pelutan - Telp 0284-325 934 )
- HOTEL SENTANA MULIA HERITAGE (Jl. Jend. Sudirman No. 54 - Telp 0284-321 852 )
- HOTEL MURNI ( Jl. Urip Sumoharjo No.68 Pelutan - Telp 0284- 324 623 )
- HOTEL PEMALANG ( Jl. Jend. Sudirman No.5 Wanarejan Selatan - Telp 0284 - 321 432 )

>>RUMAH MAKAN 
- RM. TAMAN 'PRINGJAJAR' ( Jl. Raya Pemalang - Pekalongan KM 15, Ampelgading )
- RM. KEPITING GEMES 'P.KARDI' ( Jl. Raya Ambowetan, Ulujami )
- RM. PRIMA(IKAN BAKAN PONDOK BAMBU) ( Jl. Gatot Subroto Comal )
- RM. MBOK BEREK PETARUKAN ( Jl. Raya Petarukan)
- RM. MANTEP ROSO ( Jl. Petarukan )
- LESEHAN 'ASRI BARU' ( Jl. Raya Pemalang - Moga )
- NASI GROMBYANG 'H.WARNO' ( Jl. RE, Martadinata Komplek Pasar Anyar Pelutan )
- RM. SEGORO ( Jl. Raya Ampelgading )
- RM. BAMBOE IJO ( Jl. Jend. Sudirman Timur, Wanarejan )
- IKAN BAKAR 'WTS' ( Jl. Jebed Selatan - Sungapan )
- RM. CITA RASA ( Jl. Jend. Sudirman Timur, Wanarejan )
- RM. AYAM GEPUK ( Jl. Jend. Sudirman Timur, Wanarejan )
- RM. LESEHAN ' BU'E ' ( Jl. Dr.Cipto Mangunkusumo, Kaligelang )
- RM. SOTO KHAS SEMARANG ( Jl. Raya Petarunkan )
- RM. NARAYANA ( Jl. Raya Memalang, Petarukan )
- RESTO "THE FAMILY" ( Jl. Sulawesi, Perum Puri Praja, Pemalang )

>>BIRO PERJALANAN WISATA 
- DUTA MULIA TOUR ( Desa Widodaren, Kec. Petarukan - Telp 0813 2701 3663 )
- RAJAWALI TOUR ( Perum Widuri Asri, Kel. Widuri, Kec. Pemalang - Telp 0818 0286 5714 )
- JAVA MUSTIKA TOUR ( Desa Pedurungan, Kec. Taman - Telp 0819 1412 3444 )
- PRADANA TOUR ( Kec. Radudongkal - Telp 0813 2702 4877 )
- WIJAYA TOUR ( Kec. Radudongkal - Telp 0815 4226 4600 )
- KAMPUS BIRU MANDIRI ( Kec. Radudongkal - Telp 0815 4801 3375 )
- TIARA TOUR ( Desa Cibelok, Kec. Taman - Telp 0813 9185 5599 )
- ARI MITRA SEJATI TOUR ( Kel. Beji, Kec. Taman - Telp 0878 3064 3429 )
- TARUNA WISATA TOUR ( Desa Kebunan, Kec. Taman- Telp 0877 33596234 )
- YUNISHA TOUR ( Perum. Sugihwaras, Kec. Pemalang - Telp 081 5665 9742 )


Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990