KEUNIKAN SENI DAN BUDAYA KABUPATEN GROBOGAN

Kabupaten Grobogan memiliki keunikan seni budaya yang sangat unik dan tidak dimiliki oleh kabupaten yang lain di wilayah Jawa Tengah. Seni dan budaya tersebut dijadikan suatu ikon yang sangat melekat sehingga jika orang mendengar salah satu jenis seni budaya yang dari Grobogan pasti sudah tahu bahwa kesenian dan kebudayaan tersebut berasal dari kabupaten Grobogan Jawa tengah. Apa saja keunikan seni dan budaya yang berasal dari Grobogan, mari kita simak bersama-sama ulasan berikut ini


Keunikan Seni Dan Budaya Kabupaten Grobogan

Boyong Grobog

boyong grobog grobogan

Boyong Grobog adalah tradisi untuk memperingati perpindahan pusat pemerintahan kabupaten Grobokan dimana pada tahun 1864 oleh Adipati RT. Sosronegoro II pusat pemerintahan di pindahkan dari Grobokan ke Purwodadi.

Asrah Batin

asrah batin grobogan

Asrah Batin adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengenang dan melestarikan pertemuan dua saudara yang telah lama berpisah, yang mana dalam pertemuan itu masing-masing telah menjadi kepala desa Karanglangu (Saudara tua) dan Kepala Desa Ngombak (saudara muda) dalam kegiatan tradisi Asrah Batin yang dilakukan 2 tahun sekali pada tahun genap di bulan September selama 15 hari dan puncak acara dilaksanakan pada hari Minggu Kliwon.

Demikianlah ulasan singkat tentang keunikan seni dan budaya dari Kabupaten Grobogan dimana keunikan seni dan budaya tersebut bisa menyedot perhatian banyak masyarakat dan menjadikan kabupaten Grobogan sebagai daya tarik wisata Jawa Tengah.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990