KERAJINAN KHAS KOTA PATI

Kota Pati memiliki kerajinan khas yang bisa dijadikan aset berharga bagi pendapatan daerahnya. Selain Pati kaya akan tempat wisata dan daftar kuliner yang dapat memanjakan lidah para penggemarnya, di Pati ada beberapa sektor industri bidang kerajinan tangan yang unik dan khas di kota Pati. Apa saja kerajina khas kota Pati, mari kita simak bersama-sama ulasan berikut ini.

Kerajinan Khas Kota Pati

Kerajinan Kuningan


kerajinan kuningan juwana pati

Kerajinan Kuningan di Pati yang paling khas yaitu dari Juwana. Juwana merupakan salah satu pusat produksi kerajinan kuningan terbesar di Indonesia. Lebih dari separuh produksi kuningan di Indonesia dihasilkan dari Juwana. Berbagai macam produk kuningan dapat dengan mudah ditemukan di sentra kerajinan kuningan yang banyak tersebar di daerah ini. Produk kuningan dari Juwana antara lain berupa guci, interior rumah, baut, engsel, klem aki, handle pintu, handle indoor, burner kompor gas kuningan, lampu hias, miniatur sepeda ontel, miniatur becak, miniatur kendaraan, dll.

Batik Bakaran


batik bakaran pati

Batik Bakaran selain motifnya yang unik, Batik Bakaran khas Pati memiliki sejarah yang erat dengan runtuhnya kerajaan Majapahit. Penjaga museum pusaka dan pembuat seragam prajurit dari kerajaan Majapahit Nyi Banoewati, menularkan ketrampilannya membatik ketika melarikan diri ke daerah Bakaran di Juwana Pati Jawa Tengah pada abad ke 14 masehi. Sampai saat ini desa Bakaran merupakan sentra industri batik Bakaran di kabupaten Pati. Motif batik tulis Bakaran bila dilihat dari segi warna mempunyai ciri tersendiri yaitu warna hitam dan coklat yang mendominasi batik Bakaran. Unsur corak atau motifnya beraliran pada corak motif Batik Tengahan dan Batik Pesisir. Beberapa jenis motif batik Bakaran antara lain Padas Gempal, Gringsing, Bregat Ireng, Truntum, Merak Ngigel, Megel Ati, Puspo Baskoro, Ungker Cantel, dll.


Demikian ulasan yang sangat singkat tentang apa saja kerajinan khas dari wilayah kota Pati. Jangan lupa jika anda berkunjung ke kota Pati untuk membeli oleh-oleh bagi saudara, teman dan duga kerabat berupa kerajinan khas dari kota Pati yang sangat unik sekali. Dijamin pasti siapa saja akan merasa senang dika mendapatkan oleh-oleh berupa kerajinan khas Pati tersebut.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990