KERAJINAN KHAS DARI KOTA BLORA YANG HARUS ANDA MILIKI

Kerajinan Khas Dari Blora banyak sekali diburu oleh para kolektor baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ada beberapa kerajinan khas blora yang tidak dimiliki oleh daerah yang lain. Bagi anda yang senang mengoleksi barang-barang unik baik berharga murah maupun mahal silahkan saja datang ke kota Blora untuk bisa melampiaskan hasrat hobi anda dalam hal mengoleksi barang-barang berharga dan unik ataupun untuk cinderamata bagi keluarga ataupun kerabat anda. Apa saja kerajinan khas dari kota Blora yang bisa anda beli, silahkan simak ulasan berikut ini tentang kerajinan khas dari kota Blora.

Kerajinan Khas Kota Blora

Gembol Jati


gembol akar jati

Gembol Jati adalah akar yang ada di Pohon Jati, Pohon Meh, Pohon Mahoni kemudian diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai kursi atau meja, hiasan ukir, meja telepon. Bentuk akar atau gembol yang alami dan tidak beraturan justru merupakan keunikan sendiri.

Bisa diketahui bahwa kota Blora memiliki Hutan Jati yang sangat luas sekali. Hampir seluruh hutan di Blora adalah tanaman Jati. sehingga sangat banyak sekali hasil dari hutan berupa Gembol Jati tersebut. Oleh masyarakat Blora gembol jati tersebut diambil dan diolah untuk dijadikan mebel dimana mereka memiliki prinsip bahwa dari akar yang tidak berharga dirubah menjadi barang yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan tidak sedikit orang-orang wisatawan mancanegara datang ke kota Blora hanya untuk melihat atau memesan kerajinan khas dari kota Blora yang berupa Mebel Gembol Jati dengan harga yang sangat fantastis.

Silahkan saja bagi anda yang berasal dari luar kota untuk datang ke pusat-pusat kerajinan mebel di kota Blora untuk memesan Gembol Jati. Biasanya semakin besar ukuran akar jati maka harganyapun akan semakin mahal karena sudah termasuk barang langka di mana sudah pasti pohon dari akar jati tersebut sudah berusia ratusan tahun.

Batik Blora


batik blora

Batik Blora memiliki keunikan pada corak dan warnanya yang mencerminkan kearifan lokal seperti Daun Jati, Tunggak Jati, Pohon Jati, Barongan dan Tayub.

Kaos Samin

Kaos Samin merupakan kaos bergambar tokoh Pahlawan lokal Blora "Samin Surasentika" yang berperang melawan penjajah Belanda tanpa kekerasan merupakan salah satu kenang-kenangan yang banyak diminati oleh wisatawan baik dari Blora maupun luar Blora.

Demikian ulasan tentang apa saja kerajinan khas dari kota Blora. Semoga artikel ini bisa anda jadikan referensi yang bisa diandalkan untuk anda terutama yang ingin pergi liburan ke kota Blora dan ingin membeli souvenir khas Blora berupa barang-barang yang unik khas kabupaten Blora. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990