KEUNIKAN SENI DAN BUDAYA DI PURWOREJO

Kota Purworejo terkenal akan keunikan seni dan budaya yang khas yang berbeda dah bahkan hampir tidak dimiliki oleh daerah yang lain. Adapun keunikan seni dan budaya tersebut sudah turun temurun berkembang dari nenek moyang jaman dahulu kala dan sampai sekarang masih dilestarikan oleh para generasi penerus pemuda pemudi putra bangsa kota Purworejo. Apa saja keunikan seni dan budaya yang berasal dari Purworejo. Mari kita simak bersama-sama ulasan berikut ini.

tari dolalak purworejo

Keunikan Seni Budaya Purworejo

Tari Dolalak

Tari Dolalak merupakan tari percampuran antara budaya Jawa dan budaya arat (Eropa). Pada masa penjajahan Belanda, para serdadu Belanda sering menari-nari dengan menggunakan seragam militernya dan diiringi dengan nyanyian yang berisi sindiran sehingga merupakan suatu pantun. Kata dolalak sebenarnya merupakan bagian dari notasi nada yang kemudian berkembang dalam logat Jawa menjadi Dolalak.

Proses Hari Jadi Purworejo

Proses hari jadi Purworejo jatuh pada tanggal 5 Oktober berdasarkan Prasati Boro Tengah tahun 823 saka atau 901 masehi. Sehari sebelumnya diadakan prosesi mengenang kembali penetapan Arahiwang menjadi Sima di desa Boro Wetan. Keesokan harinya, diadakan Kirab Tumpeng Ageng yang dipusatkan di Pendopo Kabupaten.

Jika anda masih penasaran tentang keunikan seni dan budaya yang unik dan khas Purworejo, silahkan anda mengunjungi kota Purworejo yang memiliki seribu keunikan seni dan budaya yang tidak ada duanya.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990