Wisata Kuliner Khas Kota Jepara Jawa Tengah

Berbicara soal pariwisata untuk urusan yang satu ini memang tidak bisa ditinggalkan, Kuliner khas suatu daerah merupakan daya tarik tersendiri daerah tersebut. Pada kesempatan kali ini Kawan Kurnia Tour ingin berbagi informasi kuliner apa saja yang menjadi andalan kota Jepara Jawa Tengah ini.

pindang serani makanan khas jepara

Daftar Wisata Kuliner Jepara

Adon-Adon Coro
Bukan adonan dari haban coro / kecoa ya. Ini merupakan sebuah minuman khas dari kota Jepara yang sudah ada dari jaman dahulu kala, minuman ini terdiri dari ramuan tradisional khas pulau Jawa seperti Jahe, gula jawa, santanm kelapa muda yang dibakar, dan berbagai rempah-rempah lainnya. Rasa minuman ini hangat dan sedikit pedas, jadi sangat cocok jika diminum pada malam hari ketika suasana menjadi semakin dingin.

Moto Belong
Namanya mengerikan, namun rasanya melezatkan. Ini adalah sebuah makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong. Kuliner yang satu ini berisikan pisang didalamnya, jadi adonan dari singkong tersebut dibentuk lonjong kemudian diisi dengan buah pisang dan dimasak. Cara memasaknya juga mudah hanya dengan dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Kuliner khas Jepara ini sangat cocok dimakan selagi hangat.

Horok-Horok
Kuliner khas Jepara yang satu ini juga unik, cara membuatnya yaitu dengan bahan tepung sagu yang dikukus lalu dibentuk butiran kecil menggunakan alat seperti sisir.

Pindang Serani
Jangan salah sangka ketika anda membeli kuliner yang satu ini, bukan berbahan dasar ikan pindang namun bahan dasarnya adalah ikan apapun itu. Biasanya di Jepara memilih ikan laut untuk bahan pokoknya, ikan tersbeut dibumbu rempah-rempah sehingga bewarna bening kekuningan. Pindang Serani ini sangat segar karena disajikan berkuah, rasa yang dihasilkan yaitu gurih, asin, dan pedas sesuai selera. Kuliner ini sangat pas jika dimakan selagi panas menggunakan tambahan perasan jeruk nipis.

Bontosan
Ini adalah makanan yang sebenarnya adalah kerupuk, dimana bahan dasarnya adalah olahan dari daging kan tengiri yang dibentuk lonjong kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Bisa dimakan begitu saja maupun digoreng terlebih dahulu menggunakan tepung.

Moka
Ini adalah sebuah kue yang terbuat dari tepung beras, tapioka dan daun pandang. terdiri dari 5 lapisan yang bewarna-warni.

Durian Petruk
Sebenarnya buah ini ada di mana-mana, namun di desa Ngabul / pasar ngabul terdapat sentral durian petruk yang selalu ada / tersedia tidak usah menunggu musim durian tiba.

Demikianlah beberapa daftar kuliner khas kota Jepara Jawa Tengah yang bisa anda nikmati ketika berwisata di kota Jepara. Beberapa daftar makanan diatas bisa anda dapatkan di SCJ (shopping Center Jepara) berlokasi di sebalah alun-alun kota Jepara.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990