Objek Wisata Religi Di Demak Kota Wali

Kabupaten Demak adalah sebuah kota kecil yang berada di antara kota Semarang, Jepara, Kudus, Grobogan. tepatnya berada sekitar 30 Km dari kota Semarang ke arah Jawa Timur. demak merupakan jalur yang dilalui jalan utama Pantura yang dapat menghubungkan antara Jakarta-Semarang-Surabaya-Banyuwangi.

Luas Kabupaten Demak adalah 89.743 ha pada ketinggian 0-100 DPL, jadi kota Demak ini adalah kota dataran rendah yang berada di pinggiran laut utara Indonesia dengan panjang pantai 34,1 Kolometer.

Berbicara soal pariwisata di kota Demak, kali ini Kawan Kurnia Tour ingin berbagi informasi tentang apa saja objek wisata religi yang terkenal di kota Demak, karena mengingat kota ini memiliki julakan sebagi Demak Kota Wali.

1. Masjid Agung Demak

Pada urutan pertama adalah Masjid Agung Demak, siapa sih yang tidak tau Masjid paling terkenal di Indonesia ini? Ini adalah tempat ziarah paling populer ketika wisatawan sedang melakukan kunjungan ziarahnya.

Masjid Agung Demak sendiri merupakan Masjid paling tua di pulau Jawa yang didirikan oleh Wali Songo atau Wali Sembilan. Sejarah mengatakan bahwa Masjid inilah yang menjadi awal mula berdirinya kerajaan Glagahwangi Bintoro Demak.

Bangunannya sangat khas dan kental adat Jawa. Di bagian atap Masjid Agung Demak ini memiliki bentuk limasan piramida sebanyak 3 susun yang memiliki arti mendalam dalam filosofi kehidupan manusia dalam akidah-akidah Islami. Pertama adalah 'Iman' kedua adalah 'Islam' ketiga adalah Ihsan.

Di bagian pintu Masjid Agung Demak ini terukir prasasti Condro Sengkolo yang bertuliskan Nogo Mulat Saliro Wani. yang memiliki arti 1466 Masehi / tahun 1388 Saka / 887 Hijriah. Kenapa dituliskan seperti itu? dimungkinkan pada tahun itulah dilakukannya pembangunan dan peletakan batu pertama untuk membanguk Masjid Agung Demak ini.

Saat ini kunjungan dari berbagai kalangan banyak sekali hari di tempat Ziarah ini. Mulai dari anak sekolah, ibu-ibu pkk, komunitas Islami, sejarahwan, pejabat, pokoknya lengkap mulai dari orang yang tidak mampu hingga berkecukupan pasti sudah pernah datang ke tempat wisata religi di kota Demak ini.

foto masjid agung demak jawa tengah

2. Museum Masjid Agung Demak

Selain Masjidnya, ada juga museum yang memberikan suasanya nyata para wisatawan untuk mengenali lebih dalam tentang Wali Songo. Museum ini terletak tidak jauh dari lokasi Masjid Agung. Di museum ini disimpanlah soko guru Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan gunungjati, Sunan Ampel.

Beberapa barang peninggalan sejarah religi lainnya juga banyak terdapat di museum Masjid Agung Demak ini. Contoh saja:
  • Sirab, 
  • kentongan kuno, 
  • bedug kuno, 
  • gentong dari dinasti ming, 
  • lawang bledeg Ki Ajeng Selo, 
  • beberapa peralatan pada masa keraaan, 
  • Al Quran dari tulisan tangan asli, 
  • maket Masjid, 
  • prasasti kayu dan 
  • beberapa foto-foto Masjid Agung jaman doeloe
  • Dan lain sebagainya
Di dalam objek wisata Museum ini, para wisatawan akan melihat salah satu sejarah Islam ada dan berkembang di Indonesia.

3. Makam Kadilangu

Ini adalah salah satu objek wisata ziarah yang juga ramai dikunjungi. Di tempat inilah salah satu anggota Wali Songo yaitu Sunan Kalijaga dimakamkan. Sunan kali jaga adalah salah satu penyebar agama Islam pertama di Indonesia. Jadi Banyak sekali peziarah yang datang silih berganti di Makam Kadilangu ini. terutama ketika Jumat kliwon, pintu makam Sunan Kalijaga ini dibuka oleh pengelola.

Makam Kadilangi tepatnya berada di Jl. R. Sahid, Kadilangu kurang lebih 2 Km dari kota Demak menuju ke arah timur.


Demikian beberpa informasi tentang objek wisata religi di kota Demak. Bagi anda yang belum pernah kesini dan ingin menuju kesini caranya sangat mudah karena lokasi nya berada di pusat kota Demak / alun-alun Demak.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990