Wisata Seni Budaya, Kerajinan, Kuliner Khas Kota Batang

Setiap kota pasti memiliki keunggulannya masing-masing tidak terkecuali di kota Batang Jawa Tenagh ini. terdapat beberapa wisata bidaya dan kerajinan khas kabupaten Batang yang dapat dijadikan aspek wisata untuk anda. Berikut ini adalah beberapa daftarnya untuk anda:

Budaya Lomban
  • Merupakan jenis kegiatan pawai dan lomba dayung tradisional yang dilakukan setiap tahunnya pada bulan Syawal 9 setelah Hari Raya Idul Fitri. Tradisi budaya ini dilakukan di desa Klidang. Tujuan dari acara Lomban ini adalah sangat mulia yaitu untuk emnjalin kerbersamaan antar nelayan di kota Batang.

Budaya Pentas Seni Dan Pasaran Kliwonan
  • Acara ini biasa dilakukan di Pantai Ujung Negoro, Pantai Figandu dan Pantai Pagilaran. acara diselengarakan setiap tahunnya guna melestarikan tradisi masyarakat di kabupaten Batang.

Kerajinan Batik Batang
    batik batangan kota batang
  • Batik di kota Batang memiliki kaunikan yaitu motif dan warna sogan. Batik ini banyak diproduksi di beberapa desa di Batang seperti di Bogoran, Proyonanggan. Motif batik tulis tiga negri merupakan salah satu batik khas kota Batang. yang menjadi keunikan di batik ini adalah komposisi warna dan corak binatang yang lembut.

Kuliner Serabi Kalibeluk
  • Serabi ini berasal dari desa Kalibeluk kecamatan Warungasem, oleh sebab itu nama serabi ini adalah Kalibeluk. tekstur dan ukurannya yang tidak normal membuat serabi ini digemari oelh para penikmatnya. Serabi Kalibeluk ini menjadi wisata kuliner khas kota Batang sudah dari tahun-ketahun.
  • Terdapat 2 jenis warna dan rasa, serabi warna coklat berbahan dasar gula aren, sedangkan serabi warna putih berbahan dasar gula pasir

Kuliner Lontong Lemprak
    makanan kuliner khas kota batang lontong lemprak
  • Ini adalah salah satu makanan khas kota Batang yang tidak asing lagi di masyarakat setempat. Olahan masakan berkuah dengna bumbu-bumbu khas jawa yang pasti akan menggugah selera lidah. Kenikmatan rasa akan lebih tebal ketika terdapat lontong sebagai pengganti nasi dan taburan daging ayam kampung diatasnya.
  • Bernama lontong lemprak dikarenakan masakan ini dinikmati dengan cara nglemprak / duduk bersila.
  • Banyak terdapat warung ini di sekitar alun-alun kota Batang.

Kuliner Madu Pramuka
  • Terdapat berbagai macam olahan madu asli di kota Batang. Produksi ini dilakukan oleh Kwartir nasional Gerakan Pramuka Cabang Jawa Tengah di Jl. raya Kutosari, Gringsing.

Demikian beberapa informasi tentang wisata budaya, kerajinan dan kuliner yang terdapat di kota Batang. Jika anda melakukan perjalanan melalui jalur pantura maka akan melewati kota kecil ini.
Sangat Menarik: 11 Tempat Wisata Kota Batang

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990