Info Wisata
kawan kurnia tour

6 Tempat Wisata Religi Di Kota Kudus

Kudus terkenal akan wali songonya, namun selain makam wali songo tersebut ada beberapa tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi sebagi wisata religi di kota ini. Ada 6 tempat religi yang akan kami bagikan, namun sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat religi yang ada di kota Kudus.

1. Wisata Religi Masjid Menara Kudus

  • Masjid menara Kudus disebut juga dengan Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar dimana Masjid tersebut dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 hijeriah. Pembangunan Masjid Menara Kudus ini menggunakan batu Baitul Maqdis dari negara Palestina sebagai batu pertamanya. Lokasi Masjid Menara ini berada di desa Kauman, kecamatan kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
  • Keunikan Masjid ini adalah memiliki menara yang serupa dengan candi. Dari faksta tersebut diketahui bahwa tempat beribadah Masjid ini merupakan perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu.
  • Pada saat ini Masjid Menara merupakan tempat wisata nomer terfavorit bagi para wisatawan ziarah. Selain itu di Masjid ini juga sering ramai digunakan untuk kegiatan tahunan Kudus yaitu festival Dhandhangan di sepanjang jalan kota Kudus tersebut. Acara Dhandhangan ini diadakan sudah bertahun-tahun lalu guna penyambutan bulan Ramadan.
  • Terdapat juga acara Buka Luwur, dimana ini merupakan suatu upacara penggantian kain klambu penutup makan yang diadakan setiap tahunnya. Acara Buka Luwur ini dimeriahkan juga dengan kegiatan bagi nasi slametan dan bagi kain buka tutup makan / luwur. Dipercayai barang siapa yang mendapatkan kain serta nasi tersebut akan mendapatka keberuntungan. Acara Buka Luwur ini diadakan setiap tanggal 10 suro
tempat wisata religi di kota kudus

2. Wisata Religi Makam Sunan Muria

  • Tempat Wisata Religi ini juga merupakan tempat wisat inti di kota Kudus. Makan Sunan Muria ini terletak di puncak gunung Muria. Makam Sunan Muria atau disebut juga Raden Umar Sa'id / Raden Saiid ini berada dalam bangunan kuno. Letaknya berada di belakang Mihrab Masjid peninggalan Sunan Muria itu sendiri.
  • Saat ini Msjid tersebut telah mengalami renovasi yang baik untuk kenyamanan wisatawan ziarah serta kekokohan dan kelengkapan tempat wisata Makan Sunan Muria tersebut.
  • Bagi wisatawan ziarah pada khususnya dapat menuju kesana dengan berjalan kaki melewati tangga dengan jumlah sekitar 700 anak tangga yang telah disediakan oleh pemerintah. Sedangkan bagi yang tidak ingin capek bisa menggunakan jasa tukang ojek untuk menuju ke Makam Sunan Muria.
  • Sama halanya dengan makam Sunan Kudus, di sini juga terdapat acara Buka Luwur yang dilakukan setiap tanggal 16 sura di setiap tahunnya.

3. Tempat Wisata Religi Makam Masin

  • Makam Masin ini terletak di desa Kandangmas, sebuah desa yang berlokasi dilereng gunung Muria. Jaraknya dari kota Kudus sekitar 12 kilo meter. Makam Masin ini letaknya disebelah utara desa, tepatnya berada di dukuh Masin. Makam ini dikenal sebagai makam keramat Masin Raden Bagus Rinangku dan Raden Ayu Dewi Nawangsih.
  • Keistimewaan daerah sekitar Makam Masin ini adalah tanahnya yang subur di desan Masin, sehingga banyak ditumbuhi buah-buahan seperti mangga, rambutan, durian, dll.

4. Gapura Paduraksa Masjid / Gapura Masjid Wali

  • Masjid Wali berada di daerah Loram Kulon, kecamatan Jati, kabupaten Kudus. Masjid ini didirikan pada tahun 1596-1597 abad ke 15 pada masa Hindu Budha menuju ke islam. Masjid ini didirikan menggunakan kayu, sehingga pernah rapuh. Namun pada tahun 1990 an masjid ini bulai didirenovasi kembali. Gapura yang terdapat disana tersusun dari bata merah dengan desain mirip sekali dengan Bali. Pada masa itu masyarakat sekitar lebih banyak menganut agama Hindu Budha, maka desain nuansa Bali pada gapura depan masjid tersebut dimaksutkan agar menarik perhatian oleh warga setempat.

5. Tempat Wisata Religi Makam Kyai Telingsing

  • Makamnya Kyai Telingsing ini berada dua kilometer ke selatan dari makam Sunan Kudus. lokasinya berada di Desa Sunggingan, Kecamatan Kota Kudus. 
  • Makam ini memang kurang begitu dikenal dibandingkan Sunan Kudus. Namun diluar itu semua Kyai Telingsing merupakan ulama besar dari Tiongkok yang berjasa mengajarkan agama Islam di kota Kudus. 

6. Wisata Religi Klenteng Hok Tik Bio

  • Kelenteng Hok Tik Bio / Klenteng tanjung Karang ini dibangun pada tahun 1741. Kelenteng ini adalah saksi sejarah orang tionghoa yang selamat dari pembantaian VOC di Batavia, lalu mereka membangun Klenteng ini bersama-sama.
Demikian informasi beberapa tempat religi di kota Kudus yang dapat kami bagian untuk anda.

0 Response to "6 Tempat Wisata Religi Di Kota Kudus"

Popular Posts