KULINER KHAS SEMARANG

brosur produk kuliner kota semarang
Populer
Kota Semarang kaya akan berbagai macam Kuliner yang banyak sekali digemari oleh orang lokal sendiri dan juga orang dari luar kota. Bahkan wisatawan asing yang datang kemari pasti mencari kuliner khas Semarang tersebut.
kuliner khas semarang

Buat kalian yang penasaran berikut akan kami jabarkan beberapa kuliner khas kota Semarang yang sudah sangat melegenda.

Lumpia

Lumpia adalah makanan yang jadi icon kuliner kota semarang. Lumpia terbuat dari rebung dibungkus dengan lembaran tepung. Selain rebung, lumpia juga diisi dengan telur ayam dan udang. Lumpia dapat disajikan dengan digoreng terlebih dahulu atau tanpa digoreng. Oleh-oleh khas Semarang ini bisa bertahan hanya 1 hari, biasa disajikan dengan saos. Lumpia ini dapat dibeli di Jl. Mataram, Jl. Gajah Mada, Jl. Pandanaran dan Jl. Pemuda.

lumpia

Wingko Babat

Wingko Babat terbuat dari bahan kelapa dan beras ketan serta memiliki berbagai varian rasa seperti durian, coklat, nangka, dandan, dll. Wingko babat tersedia dalam berbagai merek dan dapat diperoleh di pusat oleh-oleh di Jl. Pandanaran, Stasiun Tawang, Stasiun Poncol dan pusat penjualan wingko babat di Jl. Cendrawasih No. 14 Kawasan Kota Lama Semarang Jawa Tengah. Ini bisa menjadi oleh-oleh kuliner yang cocok untuk anda karena dapat disimpan cukup lama.

Bandeng Presto

Bandeng Presto merupakan kuliner paling populer yang selalu dicari untuk oleh-oleh. Ini adalah adalah ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto, sehingga duri ikan bandeng menjadi lunak. Tempat penjualan bandeng presto juga menyediakan beragam olahan lainnya seperti pepes, otak-otak, panggang, hingga kremes. Bandeng Presto dapat diperoleh di pusat oleh-oleh di sepanjang Jl. Pandanaran Semarang.

Ganjel Rel

Ganjel Rel adalah roti manis berwarna coklat yang diolah dengan bahan baku rempah-rempah seperti cengkeh, gula aren, kayu manis dan kembang lawang. Pada umumnya Ganjel Rel berbentuk balok dan bertabur wijen di atasnya. Keunikan lainnya adalah teksturnya yang tidak lembut sehingga agak alot, namun tetap nikmat. Dinamakan Ganjel Rel karena bentuknya yang besar seperti bantalan rel kereta api. Kuliner yang satu ini juga cocok untuk makanan ringan anda.

Tahu Petis

Tahu Petis adalah makanan khas kota Semarang terbuat dari tahu pong yang digoreng kering dan renyah yang diisi dengan petis udang yang telah diracik dengan bumbu spesial sehingga beraroma harum, gurih dan manis. Anda bisa mendapatkan kuliner ini disepanjang jalan, karena biasa dijual di pinggiran jalan tepatnya di warung gorengan.

Tahu Pong

Tahu Pong merupakan sejenis tahu yang bagian luarnya digoreng kering sedangkan bagian dalamnya berongga. Tahu pong enak dimakan saat panas, dicocol petis udang yang encer, berteman acar dan ulegkan kasar cabai hijau. Biasanya tahu pong disajikan dengan tahu gimbal, udang dan telur bulat yang digoreng. Kuliner ini dapat diperoleh di sekitar Jl. Gajah Mada dan Jl. Depok.

Wedang Tahu

Wedang Tahu adalah sejenis minuman yang beraroma jahe dan berisi sari tahu. Minuman khas yang bisa menghangatkan tubuh ini bisa diperoleh keliling kampung-kampung, Waroeng Semawis dan de sekitar toko roti Swiss di kota Semarang.

Mie Kopyok

Makanan yang dijual di pagi hari ini berupa mie kuning dicampur tauge dan remah karak atau gendar. Kemudian disiram kuah dengan campuran air bawang putih, ditaburi daun seledri dan bawang goreng lalu diberi kecap manis. Meski membuat mie kopyok sangat mudah, biasanya orang Semarang suka beli di salah satu penjual yang terkenal. Mie kopyok banyak dijual oleh pedagang keliling di kampung-kampung dan yang terkenal mie kopyok Pak Dhuwur di Jl. Tanjung depan PLN. Kuliner ini sekarang agak sulit ditemukan, karena sudah jarang yang berkeliling untuk berjualan mie kopyok ini di sekitar pemukiman.

Tahu Gimbal

Racikan tahu gimbal terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, rajangan kubis mentah dan gimbal. Gimbal adalah bakwan udang. Kemudian campuran bahan itu diguyur saus kacang petis udang. Tahu gimbal banyak ditemui di daerah Taman KB, daerah Menteri Supeno dan daerah Simpang Lima. Kuliner ini juga menjadi makanan yang wajib di cicipi ketika berada di kota Semarang.

Bersama kita bisa mempublikasikan masakan khas kota kita tercinta. Pastinya untuk mencicipi semua produk kuliner diatas tidak cukup hanya dengan 1 hari saja, jika ada waktu lebih kalian bisa juga bermalam di hotel yang ada di Semarang dan esok hari bisa melanjutkan liburan di Semarang.

Berbicara mengenai liburan kami juga memiliki pilihan paket wisata di kota Semarang dengan berbagai pilihan destinasi baik di area kota maupun kabupaten. Didukung juga dengan fasilitas pas dan mumpuni memiliki standar kualitas baik.

Catatan:
Bagi anda yang ingin menambahkan kuliner Khas Semarang bisa langsung saja ketik di kolom komentar.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990