Info Wisata
kawan kurnia tour

8 TEMPAT WISATA YANG WAJIB DI KUNJUNGI DI KOTA PEMALANG

Kota Pekalongan terletak di Pantai Utara Pulau Jawa dengan luas wilayah mencapai 4.252 ha dan tepografis terletak di dataran rendah pantai utara Pulau Jawa. Kota Pekalongan memiliki Blanding dengan slogan 'World's City of Batik' sebagai visualisai dinamisme kita yang kaya akan budaya dan tradisi dengan masyarakat yang sangat hangat & bersahabat. Berikut 8 Tempat wisata yang wajib di kunjungi di Kota Pemalang.

DAFTAR WISATA DI KOTA PEKALONGAN


PANTAI PASIR KENCANA

Pantai Pasir Kencana yang dikelola oleh Pemerintah Kota Pekalongan terletak di Jl. WR Supratman. Berdiri di atas lahan seluas sekitar 1,7 Ha, pantai Pasir Kencana telah dilengkapi dengan beragam fasilitas, antara lain: permainan anak, kolam air mancir, dan kolam pemancingan. Selain itu, pengunjung dapat menyewa parahu wisata untuk menikmati perjalanan di laut sekitar pantai Pekalongan. Di lokasi ini juga sering diadakan event atau upacara tradisi seperti Pek Chun, Kliwonan Show, hiburan Tahun baru dan lain-lain. Selain di Pekalongan di Pemalang juga ada pantai yang indah. Untuk melihat beberapa lokasi indah di Pemalang bisa di lihat di 10 Tempat Wisata Di Pemalang yang wajib di kunjungi.
Pantai Pasir Kencana
Gambar 1.1 Suasana Malam di Pantai Pasir Kencana

PANTAI SLAMARAN

Pantai Slamaran yang berlokasi di Jl. Pantai Dewi berdiri di lahan seluas sekitar 3,5 Ha. Berada dengan pantai Pasir Kencana yang telah di lengkapi dengan beragam fasilitas, kondisi pantai Slamaran masih alami dengan dimanfaatkan sebagai area mamancing.
Pantai Slamaran
Gambar 1.2 Pantai Slamaran

MUSEUM BATIK PEKALONGAN 

Museum batik di Pekalongan diresmikan pada tanggal 12 Juli 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi ke-59. Beralamat Jl. Jatayu No.1, Museum Batik Pekalongan menempati gedung peninggalan kolonial Belanda yang di bangun pada pertengahan abad 19. Museum ini memiliki ribuan koleksi batik dari seluruh pelosok nusantara dan beberapa koleksi dariluar negeri yang dipamerkan di 3 ruang Koleksi terdiri dari : Ruang Nusantara, Ruang Nusantara, Ruang Pedalaman dan Ruang Pesisiran. Museum ini mendapat penghargaan dari UNESCO pada predikat Best Practikel dan Pelestari Budaya Batik. Pengunjung dapat mempelajari tentang Batik baik lewat penjelasan terpadu, buku-buku maupun sinema, bahkan dapat praktek langsung mambuat Batik yang dapat langsung dibawa pulang. Telp 0285-431698
Batik Pekalongan
Gambar 1.3 Museum Batik Pekalongan

WISATA BAHARI PPNP

Wisata Bahari PPNP berada di pesisir pantai Kota Pekalongan, tepatnya di Jl. WR Supratman No.1 Komplek Pelabuhan Perikanan Nusatara Pekalongan. Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan pantai laut serta menyaksikan koleksi ilan laut di akuarium, memancing atau bersantai di anjuran atau pun hari linur bersantai di anjungan atau taman bermain.
Wisata Bahari PPNP
Gambar 1.4 Bahari PPNP

DUPAN WATER PARK

Dupan Water Park menawarkan wahana permainan air yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Berapa di Komplek Dupan Square, tepatnya di Jl. Dr. Soetomo No. 31, Dupan Water Park menjadi tujuan wisata keluarga setiap libur akhir pekan ataupun hari libur lainnya. Telp 0285-4416 435.
Waterboom Pekalongan
Gambar 1.5 Dupan Water Park

KAMPUNG BATIK KAUMAN

Kampung Batik Kauman ini terletak di kelurahan Kauman yang berkenal sebagai pusat pengrajinan batik sejak lama. Kampung Batik Kauman diresmikan pada tahun 2007 dan terpilih manjadi salah satu desa wisata terbaik tingakat nasional. Selain sebagai pusat kerajinan batik, di Kampung Batik ini terdapat Masjid Agung Al- Jami, salah satu menjadi tertua yang berdiri sejak tahun 1852. Selain itu, arsitektur rumah-rumah lawas tempat tinggal perajin dari generasi ke generasi juga menjadi daya tarik tersendiri.
Batik Kauman Vilice
Gambar 1.6 Kampung Batik Kauman

DESA WISATA BATIK PESINDON

Kampung Wisata Batik Pesindon menyediakan beragam jenis batik.Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menyajikan langsung proses pembuatan batik. Pukuhan showroom dan produsen batik akan semakin memanjakan pengunjung.
Desa Wisata Batik Pekalongan
Gambar 1.7 Desa Wisata Batik Pekalongan

PEKALONGAN MANGROVE PARK

Terletak di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan, Pekalongan Mangrove Park merupakan kawasan konservasi mangrove yang juga berfungsi sebagai ekowisata. Beragam fasilitas telah tersedia bagi para pengunjung, seperti jalur pejalan untuk melihat pemandangan, menara pandang, shelter, serta area pembibitan sebagai tempat praktek. Pengunjung dapat berkeliling hutan mangrove dengan perahu wisata. Sensasi yang tak kalah menarik ialah saat menyusuri lorong cinta,yaitu deretan tanaman bakau yang tumbuh subur dan rimbun.
Mangrove Pekalongan
Gambar 1.8 Mangrove Pekalongan

KEUNIKAN SENI BUDAYA


>>TARI BATIK JLAMPRANG
Tari Batik Jlamprang adalah tarian tradisional yang menggambarkan aktifitas pembuatan batik tulis. Batik sebagai warisan budaya dunia asli indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO perlu di lestarikan dalam wujud tarian, khususnya dengan busana Batik Jlamprang sebagai motiv kebanggan asli Pekalongan. Tarian ini dipentaskan saat  Pembukaan Pekan Batik Internasional dan peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2013, Hari Jadi Kota Pekalongan 1 April 2013, Upacara Penutupan Bendera 17 Agustus 2013 di Istana Negara, dll.
>>TARI SINTREN TRADISIONAL
Tari Suntren Tradisional adalah tarian yang  mengadung unsur magis yang menggambarkan unsur magis yang menggambarkan kisah cinta Sulasih-Sulandono. Tari ini hanya dapat diperankan oleh gadis yang masih perawan dan dipandu oleh seorang pawang, Tarian semakin meriah karena diiringi oleh bador dan iringan musik gamelan serta penonton dapat berinteraksi dengan melemparkan uang, kertas atau sapu tangan kepada penarinya.
>>TARI SINTREN GARAP
Tari Sintren Garap adlah adaptasi dari tari Sintren Tradisional. Bedanya, Tari sintren garap tidak mengandung unsur magis.Tari ini biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu Pemerintah Kota Pekalongan atau sebagai pembuka event.
>>TARI MARAHOD
Tari Marahod adalah tadi kolaborasi antara tari Marawis dan Hadroh. Tarian ini didasarkan pada budaya religi islam sebagai puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW.
>>SYAWALAN/LOPIS RAKSASA
Tradisi Pemotongan Lopis ( berukuran lebih dari 1 ton )sebagai simbol eratnya tali silaturrahmi masyarakat Pekalongan. Prosesi pemotongan lopis diiringi pementasan seni budaya tradisional, kemudian dibagikan kepada para pengunjung yang datang di seluruh penjuru Kota Pekalongan dan sekitarnya.
>>PEK CUN
Duanwu Jie (Hanzi: mendayung perahu) atau festival pek cun adalah peringatan sekedah laut masyarakat Tiongkok untuk memperingati meninggalnya menteri Qu Yuan, yaitu menteri negara Chun di Tiongkok yang sangat dicintai masyarakatnya. Festival ini dirasayak setiap tahunnya pada tanggal 5 Bulan 5 penanggalan Imlek dan telah berumur lebih 2300 taun dihitung dari masa Dinasti Zhou. Tradidi Pek Cun di Kota Pekalonganyang dilakukan dengan membakar replika kapal dan sesaji kemudian melarungkan ke laut sebagai ungkapan syukur dan harapan agar diberi limpahan rejeki. Perayaan Pek Cun juga di meriahkan dengan berbagai atraksi seni/budaya, Barongsay dan Liong Serta lomba mendirikan telur.

KULINER


>>SEGO MEGONO atau nasi megono merupakan slah satu masakan khas yang memiliki cita rasa yang cukup unik namun tetap enak dilidah. Bahan dasar Megono hampir sama dengan gudeg Jogaj, yakni nangka muda namun tanpa kuah. Nangka muda atau gori dicingcang kasar dan dicampur parutan kelapa mua dan bumbu-bumbu khas, Nasi Megonobiasa dikombinasikandengan lauk tambahan seperti ikan atau daging. Menu nasi megono banyak dijual di rumah makan yang berada di kawasan alun-alun, Sorogoren dan Jetayu.
>>SOTO PEKALONGAN atau juga dikenal dengan tauto pekalongan adalah masakan yang menggunakan bumbu tauco manis. Untuk isi, tauto pekalongan menggunakan daging sandung lamur, telur rebus dan emping.Menu tradisional inimudah dijumpai di warung makan yang tersebar di kawasan alun-alun, Sorogeren dan Jetayu.
>>PINDANG TETEL adalah sayur berkuah berisi tetelan daging sapi dan irisan daun bawang dengan bumbu pindang, yaitu rempah-rempah bercampur kluwak, Ciri khas lain pindang tetel adalah kehadiran kerupuk merah dan kuning yang di goreng dengan pasir, disebut kerusuk usek. Pindang tetel tidak cocok dengan kerupuk yang digoreng dengan minyak karena akan merusak cita rasanya.
>>GARANG ASEM PEKALONGAN berbahan dasar daging sapi dengan kuah berwarna kecoklatan menyerupai rawon dan rasa asam bercampur gurih. Nikmatnya Garam Asem Pekalongan dapat dinikmati di RM. H.Maduki du Komplek Travel Alun-alun Kota Pekalongan.
>>KOPI TAHLIL adalah kopi tubruk bercampur rempah-rempah dan jahe. Rasanya menis-pahit-pedas dan sedikit beraroma jamu. Biasa disajikan pada malam hari seusai acara tahlilan, makanya disebut kopi tahlil. Kopi ini begitu populer di Pekalongan dan cocok untuk menemani obrolan santai, dan tentu saja rasa kantuk serta badan menjadi hangat dan bugar.
>>JAHE BREKELE adalah minuman khas berbahan dasar jahe yang sudah diolah sehingga berbentuk butiran-butiran (brekele) agar konsumen dapat meracik wedang jahe sendiri dengan mudah dan praktis. Caranya tinggal diseduh dengan air panas dan dapat ditambahkan susu atau madu agar tubuh menjadi hangat.

KERAJINAN KHAS

Kota Pekalongan dikenal sebagai Sentra Industri Batik yang menyediakan pusat belanja grosir, seperti Pasar Setoro atau showroom batik unggulan yang tersebar disepanjang jalan utama kota Pekalongan. Batik Pekalongan memiliki corak khusus yaitu bermotif bentuk tumbuhan dengan warna-warna cerah, seperti merah, kuning, biru, dll.


AKOMODASI

>HOTEL
-Hotel Nirwana ( Jl. Dr. Wahidin No. 11 Pekalongan - Telp 0285-240101; 422446; 423841 )
-Hotel Sahit Mandirin ( Jl. Dr. Soetomo, Kompleks Dupan Square - Telp 0285-4416505 )
-Hotel Dafam ( Jl. Urip Sumoharjo No. 53 Pekalongan 51111 - Telp 0285- 4411555 )
-Hotel Harison ( Jl. Gajah Mada No. 11 A - Telp 0285-4499000 )
-Hotel Istana ( Jl. Gajah Mada No.23-25 - Telp 0285- 423 851 )
-Hotel Pekalongan ( Jl. Hayam Wuruk No. 158 - Telp 0285-421 021 )
-Hotel Sari Dewi ( Jl.Hayam Waruk No. 1 - Telp 0285-421 248 )
-Hotel Asia ( Jl. Hayam Wahid Hasyim No. 1 - Telp 0285-422 125 )
-Hotel Indonesai ( Jl. Gajah Mada No. 27-31 - Telp 0285-422 732 )
-Hotel Suka ( Jl. Wahid Hasyim No. 41 - Telp 0285-425 501 )

>BIRO WISATA
-BPW antar Travel Biro ( Jl. Keputran Gg. 7a No. 6 - Telp 0285-431 505 )
-BPW Naditra Nasywa Dwi Putra ( Jl. Indragiri No.7 -Telp 0285-426 157 )
-BPW Nusa Tour ( Jl. Dr. Sutomo 1F No.45 Landungsari - Telp 0285-434281 )
-BPW EKKLESIA ( Jl. KH Mansyur No. 143  - Telp 0285-435300)
-BPW Garuda Wisnu Kencana( Jl. Veteran Gg.1 No.61 Kelurahan Dukuh - Telp 0285-420 942 )

>RM/RESTORAN
-Allakita cafe & resto ( Jl. Jawa No.17 Bendan )
-Atrium cafe & restaurant ( Jl. Merdeka No.22 )
-RM Tepi Pantai Sari (Jl. Pantai Sari No. 1001 )
-RM Bu Leman ( Jl. Dr. Wahidin No.91 D )
-RM Pande Rasa ( Jl. Sulawesi No.03 )
-RM Soto Pak Damudji ( Jl. KH. Agus Salim No.12)

0 Response to "8 TEMPAT WISATA YANG WAJIB DI KUNJUNGI DI KOTA PEMALANG"

Popular Posts