6 DAFTAR KULINER MAKANAN KHAS KOTA PATI YANG WAJIB UNTUK DINIKMATI

Kota Pati kaya akan wisata kuliner yang bisa memanjakan para kuliner holic. Dengan cita rasanya yang khas sekali, makanan khas yang berasal dari kota Pati ini bisa membuat orang yang datang ke kota Pati bisa kembali lagi ke kota Pati hanya untuk menikmati kuliner-kuliner khas kota Pati tersebut karena memang makanan khas Pati memiliki cita rasa yang unik dibanding makanan dari kota yang lain. Apa saja kuliner kota pati tersebut, mari kita simak bersama-sama artikel berikut ini.

Daftar Kuliner Makanan Khas Kota Pati

Nasi Gandul


nasi gandul pati

Nasi Gandul merupakan makanan khas Pati dengan jerohan, lidah atau daging sapi sebagai bahan utamanya. Daging sapi diolah dengan rempah-rempah antara lain: jinten, kencur, jahe, terasi bakar dan gula merah sehingga menciptakan aroma yang khas dan rasa yang manis. Nasi gandul disajikan bersama lauk tambahan seperti tempe goreng, telur bacem atau perkedel serta disajikan dengan alas daun pisang. Hidangan khas berselera ini dapat dinikmati di Rumah Makan Mirasa, Pujasera "Roro Mendut" Komplek GOR Pati. Buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB

Soto Kemiri


soto kemiri pati

Soto Kemiri seperti masakan soto di daerah lainnya di Jawa Tengah. Soto Kemiri menggunakan suwiran ayam dan tauge kecambah, namun dengan aroma kemiri yang lebih menonjol dan kuah yang lebih encer. Soto Kemiri dapat dijumpai di Jl. Kembang Joyo desa Kemiri atau Waroeng Pati Jl. Raya Pati-Kudus (Komplek Pabrik Kacang Dua Kelinci).

Mangut Kepala Ikan Pari Dan Mangut Kepala Ikan Manyung


mangut kepala ndas manyung

Mangut Kepala Ikan Pari dan Mangut Kepala Ikan Manyung adalah makanan khas kota Pati yang biasanya juga dikenal dengan sebutan Mangut Ndas Manyung. Hidangan bersantan ini memeliki rasa yang pedas dan nikmat dikonsumsi selagi hangat atau panas. Mangut Ndas Manyung dapat dijumpai di Warung Pak Bodong Jl. Pati-Rembang km 17 desa Raci Kecamatan Batangan. Buka: 07.00-22.00 WIB.

Sego Tewel

Sego Tewel adalah nasi dan sayur nangka yang disajikan di atas piring yang telah dilapisi daun jati. Sego Tewel banyak dijumpai di Desa Tambakromo dan dapat dinikmati dengan harga sangat terjangkau.

Telur Lurik

Telur Lurik adalah pengolahan telur dengan cara diasap dan diproduksi di Desa Batursari

Petis Kambing

Petis Kambing adalah masakan tradisional khas Pati yang berbahan baku daging kambing dari desa Runting.

1 komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990