13 DAFTAR TEMPAT WISATA DI BLORA YANG SANGAT FENOMENAL

Tempat Wisata Di Blora yang paling fenomenal ada banyak sekali. Dari beberapa tempat wisata di Blora memiliki keunikan sendiri yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Di dalam artikel berikut ini kita akan membahas tentang daftar beberapa tempat wisata di kota Blora yang paling banyak menyedot wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Kabupaten Blora secara geografis merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terdiri dari 271 desa, 24 kelurahan, 16 kecamatan. Kabupaten Blora meraih beberapa kali Adipura, disamping itu juga terkenal dengan obyek wisatanya yang sangat menarik, kesenian daerah, makanan khas serta industri pariwisata yang indah dan menarik.

Daftar Tempat Wisata Di Blora


1. Kampung Samin


tempat wisata kampung samin blora

Kampung Samin adalah Daya Tarik Wisata berbasis Budaya yang terletak di Karangpace Desa Klopodhuwur Kecamatan Banjarejo. Wisatawan dapat berdialog, berinteraksi, menyantap Nasi Bucu setiap malam Selasa Kliwon bulan Suro dengan warga "Samin", belajar kejujuran dan kearifan masyarakat Samin atau disebut juga Sedulur Sikep Samin. Selain itu wisatawan dapat menyaksikan Dolanan Anak dan Jamasan Alat Pertanian serta mencicipi kuliner asli.

2. Goa Terawang


tempat wisata goa terawang blora

Goa Terawang berada di kawasan hutan KPH Blora kira-kira 35 km di barat kota Blora tepatnya di Desa Kedung Wungu Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Akses jalan menuju Goa Terawang mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dinamakan Goa Terawang karena di dalam goa tersebut terdapat lobang besar alami yang menyebabkan sinar matahari dapat masuk ke dalam goa. Luas keseluruhan Goa Terawang kurang lebih 13 Ha.

3. Gubug Payung / Loko Tour


tempat wisata loko tour blora

Gubug Payung adalah wisata hutan alam yang berada di desa Temengeng kecamatan Sambong. Di lokasi ini wisatawan dapat melihat pohon jati alam berusia ratusan tahun. Selain wisata alam tersedia juga perjalanan wisata Loko Tour dengan menyusuri hutan jati di wilayah KPH Cepu Kabupaten Blora dengan menggunakan rangkaian kereta api tua yang ditarik dengan lokomotif uap tua buatan Jerman Berliner Maschinenbau langsiran tahun 1928. Menempuh jarah kurang lebih 25 km wisatawan dapat melihat keindahan hutan jati. Paket wisata Loko Tour mengambil start di kantor Perhutani Jl. Sorogo KPH Cepu.

4. Puncak Pencu


tempat wisata puncak pencu blora

Puncak Pencu berada di ketinggian 400 mdpl. Puncak Pencu di desa Gandu kecamatan Bogorejo menawarkan panorama alam persawahan yang memanjakan mata. Meskipun terletak jauh dari pusat kota Blora sekitar 20 km, Puncak Pencu menjadi spot favorite para pengunjung untuk berselfie ria berlatar studio alam Pegunungan Kendeng Utara yang terhampar bagai permadani hijau.

5. Fosil Gajah Purba


tempat wisata fosil gajah purba blora

Lokasi Fosil Gajah Purba terletak sangat strategis, tepatnya di alun-alun utara Blora terdapat Replika Fosil Gajah Purba yang pernah ditemukan di dukuh Sunggun desa Medalem kecamatan Kradenan pada Maret 2009 lalu. Fosil yang ditemukan di Blora merupakan Fosi Gajah Terlengkap Di Dunia. Fosil Gajah Purba yang asli sekarang disimpan di Museum Geologi Bandung.

6. Waduk Tempuran


tempat wisata waduk tempuran blora

Waduk Tempuran berada di dusun Juwet desa Tempuran sekitar 10 km ke arah utara dari pusat kota Blora. Waduk Tempuran biasa digunakan untuk menggembleng atlet olah raga dayung. Waduk Tempuran juga menyediakan wisata air yaitu speedboat dan bebek bermesin. Selain itu di Waduk Tempuran juga terdapat pondok lesehan kuliner ikan bakar.

7. Kampung Bluron


tempat wisata kampung bluron blora

Kampung Bluron terletak di area sekitar Waduk Tempuran. Selain wahana permainan air water boom, terdapat juga homestay yang dapat desewa oleh wisatawan.

8. Waduk Greneng


tempat wisata waduk greneng blora

Waduk Greneng terletak di dukuh Greneng desa Tunjungan kecamatan Tunjungan atau sekitar 12 km dari pusat kota Blora yang berfungsi sebagai irigasi pertanian dan pembudidayaan ikan air tawar. Waduk ini sangat cocok untuk wisatawan yang mempunyai hobi memancing dengan latar belakang pemandangan hutan jati yang sangat indah.

9. Taman Rekreasi Tirtonadi


tempat wisata taman rekreasi tirtonadi blora

Taman Rekreasi Tirtonadi merupakan wisata buatan yang digemari oleh masyarakat Blora dan terletak strategis di pusat kota Blora tepatnya berada di Jl. Jendral Sudirman Blora. Taman Rekreasi Tirtonadi memiliki fasilitas antara lain kolam renang dewasa dan kolam renang anak, taman bermain anak, Mini Zoo (kebun binatang mini), panggung hiburan beserta gazebo, pantisari, dll.

10. Water Splash Taman Sarbini


tempat wisata taman sarbini blora

Selain Taman Tirtonadi, Water Splash Taman M. Sarbini menjadi alternatif pilihan wisata keluarga masyarakat Blora. Water Splash Taman Sarbini terletak di Jl. A. Yani. Taman M. Sarbini dilengkapi sarana penunjang antara lain waterboom, permainan anak-anak, film 3D, bom-bom car dan lain sebagainya. Water Splash Taman M. Sarbini ini letaknya bersebelahan dengan Perpustakaan Daerah dan Gelanggang Remaja

11. Wisata Geologi Blora

Wisata Geologi do Blora tersebar di beberapa daerah. Salah satunya Sumur Minyak Nglobo terletak di wilayah kecamatan Jiken tepatnya kurang lebih 3 km ke arah selatan dari pertigaan Desa Cabak. Sumur Minyak Nglobo merupakan sumur minyak peninggalan Kolonial Belanda. Sumur Minyak Nglobo ini disebut juga Sumur Angguk karena dalam prosesnya pompanya mengangguk-angguk. Wisata Geologi Sumur Minyak Nglobo ini sangat cocok untuk wisata pendidikan.

12. Wana Wisata Sayuran

Wana wisata Sayuran merupakan daerah perbukitan yang tepatnya berada di desa Soko kecamatan Jepon kabupaten Blora kurang lebih 14 km ke arah utara kota Blora. Secara fisik obyek Wana Wisata Sayuran berada di ketinggian kurang lebih 250 mdpl. DI atas perbukitan tersebut kita adapat melihat keindahan alam. Bukit Sayuran akan dijadikan salah satu wisata unggulan di kabupaten Blora dengan daya tarik wisata yang tersedia diantaranya wisata outbond, bumi perkemahan, kolam renang, wisata petik buah (Agrowisata).

13. Desa Wisata Jepon


desa wisata jepon blora

Desa Wisata Jepon terletak di sebelah timur kota Blora kurang lebih 8 km dari pusat kota Blora. Desa Wisata Jepon menghasilkan kerajinan khas kota Blora berupa aneka macam souvenir dari bubut kayu jati, meja kursi set dari gembol kayu jati. Selain itu di Jepon ini juga terdapat batik khas Blora. Batik khas Blora ini mempunyai ciri khas unik yaitu Daun Jati dan kearifan lokal yang ada di kota Blora. Kerajinan khas Blora ini juga dapat diperoleh di Dekranasda Kabupaten Blora di Jl. Pemuda.

Demikian ulasan tentang beberapa tempat wisata di Blora yang bisa anda jadikan referensi tempat wisata di Blora. bagi anda yang sedang ingin liburan ke Blora dan ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di Blora maka silahkan anda mengunjungi beberapa tempat wisata di Blora yang sudah kami jelaskan pemaparannya tersebut. Semoga informasi tentang tempat wisata di Blora ini bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990