KEUNIKAN SENI DAN BUDAYA DI KOTA BLORA

Kota Blora selain terkenal akan memiliki beberapa tempat wisata yang cukup banyak dan unik, kota Blora juga memiliki potensi yang sangat di bidang seni dan budaya yang berkembang di kota Blora. Seni dan budaya kota Blora sangat bisa menyedot perhatian semua orang karena seni dan budaya di kota Blora sangat khas dan tidak dimiliki oleh kota yang lain. Apa saja keunikan seni dan budaya di kota Blora. Mari kita simak bersama-sama artikel tentang keunikan seni dan budaya kota Blora berikut ini.

Keunikan Seni Dan Budaya Kota Blora

Barongan


barongan blora

Kesenian Barongan merupakan kesenian khas kota Blora. Dalam kesenian ini para seniman Barongan menggambarkan sepak terjang Singobarong penguasa hutan angker yang sangat buas.

Tari Tayub


tari tayub blora

Tari Tayub adalah kesenian tarian khas Blora yang digambarkan oleh tarian berpasangan muda mudi dan menari secara bergantian. Kesenian Tayub ini diiringi oleh gamelan.

Suran Sedulur Sikep Samin

Suran Sedulur Sikep Samin adalah upacara ritual yang dilaksanakan di Pendopo Sedulur Sikep Samin dengan menyantap bersama Nasi Bucu setiap Selasa Kliwon bulan Suro. Pada kesempatan tersebut sesepuh Sedulur Sikep Samin memberikan wejangan berisi tentang wejangan menjalani kehidupan.

Festival Tempuran

Festival Tempuran adalah tradisi Sedekah Bumi (Bulan Selo) oleh masyarakat desa Tempuran dengan mengadakan acara antara lain arak-arakan Gunungan Hasil Bumi Warga Tempuran, Parade Budaya, Lomba Kuliner dan Atraksi Budaya berupa Kethoprak.

Demikianlah ulasan singkat tentang beberapa seni dan budaya khas dari kota Blora dimana Informasi ini bisa anda jadikan suatu pengetahuan tentang keaneka ragaman seni budaya yang ada di kota Blora. Bagi anda yang memiliki bakat seni atau anda yang menyukai tentang kebudayaan suatu daerah, silahkan saja mengunjungi kota Blora untuk menyaksikan acara seni dan budaya di kota Blora di waktu-waktu tertentu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan untuk terselenggaranya acara seni budaya tersebut. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990