10 DAFTAR TEMPAT WISATA DI KOTA PATI YANG PALING RECOMMENDED

Tempat wisata di Kabupaten Pati jumlahnya ada banyak sekali. Di dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tempat wisata di Pati yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari Pati sendiri ataupun dari luar kota Pati.

Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berjarak kurang lebih 75 km dari Semarang yang sebagai pusat ibu kota Jawa Tengah. Kabupaten Pati terletak pada posisi yang strategis yakni jalur pantura yang merupakan jalur dengan mobilitas terpadat di Indonesia dan jalur transportasi Jepara dan Solo yang merupakan salah satu pintu gerbang masuknya wisatawan mancanegara di Jawa Tengah. Tempat wisata apa saja yang ada di Pati, mari kita simak bersama-sama ulasan singkat berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Di Pati

1. Waduk Gunung Rowo


tempat wisata pati waduk gunung rowo

Waduk Gunung Rowo terletak sekitar 16 km dari arah kota Pati arah utara, tepatnya di desa Sitiluhur kecamatan Gembong. Waduk Gunung Rowo memiliki luas 320 ha memiliki pemandangan alam yang berupa gunung dan lembah hijau. Keindahan air waduk yang memantulkan bayangan pegunungan Muria serta taman rekreasi terbuka dan nyaman.

2. Agrowisata Kebun Kopi Jollong


tempat wisata pati kebun kopi jollong

Agrowisata Kebun Kopi Jollong terletak di sisi timur pegunungan Muria tepatnya di desa Sitiluhur pada ketinggian 800 mdpl. Kebun kopi Jollong mempunyai panorama alam yang indah dan berhawa sejuk. Perkebunan ini merupakan peninggalan jaman Belanda yang saat ini masih aktif berproduksi. Obyek wisata Agrowisata Kebun Kopi Jollong sangat menarik untuk menjadi tempat wisata MICE maupun rekreasi keluarga sambil menikmati kopi khas Jollong atau melihat proses produkasi kopi akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

3. Air Terjun Grenjengan Sewu Dan Sepletus


tempat wisata pati grenjengan sewu

Air terjun Grenjengan Sewu dan Sepletus di desa Jrahi kecamatan Gunung Wungkal mempunyai ketinggian 25 meter dan 100 meter di tengah hijaunya alam yang asri. Tanaman bawang putih dan jeruk merupakan penghasilan utama bagi penduduk di sekitar obyek yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Kondisinya masih alami sehingga cocok untuk rekreasi keluarga

4. Goa Pancur


tempat wisata pati goa pancur

Goa Pancur terletak di desa Jimbaran kecamatan Kayen berjarak sekitar 20 km dari kota Pati. Panjang Goa sekitar 736 meter dihiasi stalaktit stalakmit dengan bentuk yang indah dan kondisi masih sangat alami. Pengunjung dapat menyusuri goa sambil menikmati sungai bawah tanah dengan ikan-ikan kecil berenang di dalamnya. Pengunjung yang tidak masuk ke dalam goa dapat duduk-duduk di mulut goa sambil menikmati terapi ikan.

5. Pintu Gerbang Gapura Majapahit


tempat wisata pati pintu gerbang gapura majapahit

Pintu Gerbang Majapahit merupakan peninggalan yang berupa pintu gerbang yang terletak di desa Rondole kecamatan Margorejo. Konon pintu gerbang Majapahit ini terjatuh saat hendak dibawa ke Jawa Timur yang menjadi pusat pemerintahan kerajaan Majapahit. Namun menurut legenda pintu gerbang Majapahit ini merupakan persyaratan yang dijatuhkan oaleh Sunan Muria kepada Kebo Nyabrang yang ingin diakui sebagai putra. Namun setibanya di dukuh Rondole desa Muktiharjo, Kebo Nyabrang sudah tidak kuat hingga terjatuh di tempat tersebut. Kemudian dia menunggui pintu gerbang tersebut. Kemudian dia menunggui pintu gerbang sampai meninggal dunia.

6. Agrowisata Regaloh


tempat wisata pati agrowisata regaloh

Agrowisata Regaloh terletak di desa Regaloh kecamatan Tlogowungu menawarkan keindahan budidaya ulat sutera, lebah, industri tapioka. Fasilitas lain yang tersedia antara lain camping area dan sarana bermain anak. Pengunjung juga dapat menikmati pemutaran film proses sutera dan madu, praktek budidaya lebah, pemintalan benang sutera dan tenun tradisional (ATBM). Bagi yang tertarik dengan pengobatan alternatif terapi sengat lebah dapat menjadi pilihan.

7. Water Boom Juwana Water Fantasy (JWF)


tempat wisata pati water boom juwana water fantasy jwf

Water Boom Juwana Water Fantasy (JWF) merupakan perpaduan antara wahana permainan air, outbond dan arena bermain anak dengan beragam fasilitas anak dan keluarga. dengan lahan seluas 5 ha Juwana Water Fantasy menawarkan 37 wahana permainan air dan darat antara lain: kolam tumpah, kolam air, kolam renang dewasa, kolam arus, seluncuran air, becak air, goa hantu, Rostary coaster, play ground, arena bermain anak, mini train, gokart, flying fox, bumper car, boskop 3D, miniatur keajaiban dunia, lapangan futsal, becak mini, kora-kora, panggung gembira, trampolin, family karaoke.

8. Sendang Tirta Marta Sani


tempat wisata pati sendang sani

Sendang Tirta Marta Sani terletak di desa Tamansari kecamatan Tlogowungu sejauh 4 km daro kota Pati. Sendang Tirta Marta Sani adalah tempat wisata yang berupa padusan atau tempat mandi dengan sumber airnya berasal dari sendang yang kono ceritanya sumber air sendang tersebut merupakan tempat wudlu Sunan Kalijaga. Di komplek Sendang ini juga terdapat Makam Adipati Pragola salah seorang Bupati Pati pada Kerajaan Mataram Islam. Selain wisata budaya Sendang Tirta Marta Sani juga telah berkembang menjadi obyek wisata rekreasi dengan adanya fasilitas water boom dan outbond.

9. Wisata Industri Dua Kelinci


tempat wisata industri kacang dua kelinci pati

Dua Kelinci sebagai salah satu pabrik kacang terbesar di dunia. PT Dua Kelinci menawarkan paket wisata industri dimana pengunjung akan diajak untuk melihat bagaimana pemrosesan pembuatan kacang di PT Dua Kelinci yang telah memanfaatkan teknologi modern.

10. Wisata Adventure

Wisata Adventure menawarkan paket mengunjungi beberapa Daya Tarik Wisata di Pati dengan menggunakan kendaraan Jeep. Informasi: Yadi 0811575065778

Demikian ulasan singkat tentang apa saja tempat wisata di Pati yang bisa dijadikan referensi untuk liburan bersama rekan atau keluarga anda. Semoga informasi tentang tempat wisata di Pati ini bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990