Info Wisata
kawan kurnia tour

5 Macam Kerajinan Khas Jepara Selain Ukir Untuk Souvenir Anda

Jepara merupakan sebuah kota jawa tengah yang memiliki keunikan sangat terkenal yaitu ukirannya. Jika kita mendengar kata Jepara pasti sebagian besar orang akan spontan ingat dengan ukiran kayu jati. Memang benar di kota Jepara ini banyak sekali produksi keperluan rumah tangga yang diukir dengan tangan-tangan trampil warga Jepara dan sekitarnya. Terus apakah ini yang menjadi kerajinan khas di kota Jepara? salah satunya iya, namun selain ukiran banyak juga kerajinan khas Jepara lainnya yang tidak kalah menarik dan indah. Mau tau kerajinannya apa saja? Silahkan lihat 5 jenis kerajinan kota Jepara yang bisa anda bawa pulang untuk souvenir atau oleh-oleh.

kerajinan khas kota jepara

1. Kerajinan Tenun Troso Jepara

Kerajinan khas kota Jepara yang pertama adalah kain Tenun Troso. Ini adalah sebuah karya seni yang dipadukan oleh sebuah kain sehingga terbentuk sebuah keindahan dan kenyamanan saat digunakan. Tenunan ini sudah berkembang dari jaman kolonial Belanda hingga saat ini, sudah banyak sekali perkembangan modif dan motif untuk kain tenun Troso, sontohnya kain tenun ini berawal dari tenunan godok yang berkembang menjadi tenunan ikat.

Banyak sekali inovatif baru yang dikembangkan untuk kain Troso ini seperti baron, Batik, Blangket, Endek, Kamin, Kristik, Lobeng, Rang-rang, Sakura, Saraswati, Sarung, Songket, Tenun Ikat, Songket, Dll.

Tertarik untuk menjadikan tanun Troso ini sebagai buah tangan anda dari Jepara? Silahkan cari di kota Jepara, banyak sekali toko pakaian. Di kota Jepara sendiri sudah berbagai macam jenis diproduksi mulai dalam bentuk jadi pakaian maupun masih bahan kain.

2. Kerajinan Monel Jepara

Monel merupakan sebuah baja putih yang tidak dapat karatan. Di tangan-tangan terampil warga Jepara, monel diubah menjadi sebuah perhiasan yang sangat indah mulai dari anting, gelang, kalung, cincin, giwang, dan lainnya. Di kota Jepara ini sangat terkenal dengan kerajinan Monel tepatnya di daerah Kriyan.

Disini anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas kota Jepara yang pastinya unik dan terjamin kualitasnya. Selain toko besar, banyak juga pengrajin-pengrajin monel yang langsung menjualnya di rumah. Selain itu anda juga bisa untuk mencoba membuat sendiri sesuka hati di rumah produksi monel-monel tersebut.

3. Seni Ukir Jepara

Seperti yang telah disebutkan diawal, bahwa Jepara sangat terkenal dengan kesenian ukirnya hingga ke seluruh dunia. Seni ukir di kota Jepara sudah ada dan berkembang pada tahun 1600-an di masa ratu Kalinyamatan hingga saat ini. Banyak sekali toko yang menjual produk kayu ukir ini di sepanjang jalan kota Jepara mulai dari meja, kursi, lemari, dan perlengkapan lainnya.

Di Jepara juga terdapat kursus tempat ukir untuk selalu menjaga keutuhan dan kekayaan ilmu warga Jeapra agar tidak hilang di gerus oleh jaman dan moderenisasi. Bagaimana tertarik untuk menjadikannya souvenir khas kota Jepara di rumah anda?

4. Keramik Mayong Jepara

Di Jepara tepatnya di daerah Mayong juga memproduksi kerajinan keramik. berbagai jenis dan tipe keramik ada disini mulai dari lantai, guci, terakota, permainan anak-anak, souvenir pernikahan, dan lain sebagainya.

5. Batik Jepara

Berbeda dengan tenun Troso, di Jepara juga memiliki batik dengan motif khas Jepara. Produksi batik khas kota Jepara terdapat di Jl. Mangunsarkoro Jepara.

Diatas adalah berbagai macam jenis karya seni kota Jepara yang pastinya bisa anda beli dan dijadikan sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga tercinta.

0 Response to "5 Macam Kerajinan Khas Jepara Selain Ukir Untuk Souvenir Anda"

Popular Posts