Info Wisata
kawan kurnia tour

WISATA KULINER KHAS REMBANG YANG TIDAK ADA DUANYA DI DUNIA


kuliner khas rembang

Kota Rembang adalah kota pesisir utara pulau Jawa. Letaknya berada di kabupaten paling ujung timu Jawa Tengah. Di daerah pesisir pantai ini, Rembang memiliki kekayaan salahsatu kekayaan wisata kuliner yang sangat khas yang tidak akan bisa ditemui di belahan bumi manapun. Apa saja kuliner khas Kabupaten Rembang, mari kita bersama-sama simak ulasan yang berikut ini.

Wisata Kuliner Khas Rembang

1. Sate Srepeh

Sate Srepeh adalah sate yang berbahan dari daging ayam yang diiris tipis-tipis dengan bumbunya yang berwarna kuning kecoklatan dan lebih encer dengan rasa asin dan pedas khas makanan ala pesisir. Sate Srepeh dapat dibeli di Kawasan Pecinan Jl. Dr. Wahidin pada pagi hari.

2. Lontong Tuyuhan

Lontong Tuyuhan memiliki cita rasa sedikit pedas dan disajikan dengan lauk potongan ayam kampung yang berukuran jumbo. Pusat kuliner Lontong Tuyuhan terletak di tepi jalan desa Tuyuhan jurusan Lasem-Pandan. Jika anda yang berasal dari luar kota dan kebetulan melewati kota Rembang dan ingin mencicipi kuliner Lontong Tuyuhan, anda bisa membelinya di kawasan alun-alun kota Rembang. Karena biasanya kalau sudah malam hari, lokasi kuliner Lontong Tuyuhan di Desa Tuyuhan sudah tutup karena habis.

3. Kelo Mrico / Jangan Mrico

Kelo Mrico adalah masakan berkuah kuning berbahan dasar ikan laut segar dengan bumbu-bumbu sederhana dengan rasa sedikit pedas. Warung Kelo Mrico yang cukup terkenal ialah warung Bu Wadji di komplek Pelabuhan Karanggeneng Desa Tasik Agung Kecamatan Kota Rembang.

Kelo Mrico sebenarnya semakin masakannya pedas, cita rasanya akan semakin lebih enak karena jika yang menikmati kuliner ini bukan orang pesisir biasanya akan sangat asing karena rasanya yang sangat amis. Untuk itu rasa pedas akan menutupi rasa amis tersebut. Tapi jika anda pecinta kuliner ikan laut pasti akan sangat memfaforitkan Kelo Mrico untuk dijadikan referensi kuliner terenak di dalam list anda.

4. Sirup Kawista

Sirup Kawista diolah dari buah kawis yang berbentuk menyerupai buah jeruk namun berukuran besar dan memiliki kulit luar yang keras seperti batok kelapa. Buah Kawis sendiri diyakini hanya bisa hidup di Rembang saja. Jika tanaman Kawis ditanam di luar kota Rembang tidak akan bisa berbuah karena memang buah kawis hanya bisa tumbuh dan berbuah di daerah pesisir tertentu bahkan tidak semua kawasan pesisir bisa ditanami buah kawis. Sirup Kawista bisa diperoleh di toko oleh-oleh di Rembang.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa Kuliner Khas Kota Rembang yang memiliki keunikan sendiri dibanding kuliner di daerah yang lain. Jangan lupa jika anda mampir di kota Rembang untuk menyempatkan mencicipi Kuliner Khas Rembang ini.

0 Response to "WISATA KULINER KHAS REMBANG YANG TIDAK ADA DUANYA DI DUNIA"

Popular Posts