KEUNIKAN SENI DAN BUDAYA KABUPATEN KENDAL


seni dan budaya kendal

Kabupaten Kendal merupakan kabupaten yang memiliki aneka ragam kebudayaan yang khas terutama tentang seni dan budayanya. Keaneka ragaman seni dan budaya tersebut bisa menyedot perhatian semua orang karena seni dan kebudayaan kabupaten Kendal sangat unik sekali dan tidak dimiliki oleh kabupaten manapun. Dalam artikel ini kita akan membahas sedikit tentang Seni Dan Budaya Kabupaten Kendal yang memiliki keunikan yang khas dibanding daerah yang lain.


Seni Dan Budaya Kabupaten Kendal


1. Tari Opak Abang

Tari Opak Abang merupakan akronim dari kata kethoprak dan terbang, yang memiliki arti pertunjukan drama tradisional (kethoprak) dengan diiringi alat musik yang didominasi alat musik jenis terbang. Kesenian ini berbasis pada drama tradisional yang menampilkan cerita babad dan legenda maupun cerita rekaan yang berkubang pada persoalan humanistik.

2. Rampek

Rampek ataupun kuntulan termasuk seni pertunjukan yang berada pada jalur seni tari dengan basis gerak-gerak sport seperti halnya gerakan silat, baris-berbaris disamping gerak-gerak yang masuk dalam disiplin estetika tari.

3. Srandul

Srandul adalah seni pertunjukan di Desa Cening Kecamatan Limbangan yang berupa seni drama atau seni peran. Sebuah drama tradisional kerakyatan yang menampilkan kisah-kisah tentang persoalan pertanian terutama kesuburan, kemakmuran, wabah dan bencana. Penempatan obor di tengah arena pertunjukan memiliki nilai simbolik dari bagian ritualnya.

Demikian sedikit ulasan tentang beberapa seni dan budaya khas Kabupaten Kendal yang memiliki keunikan dan juga kelangkaan yang tidak dimiliki oleh kabupaten yang lain, sehingga seni dan budaya di Kendal bisa menyedot perhatian dunia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda semuanya.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990