Info Wisata
kawan kurnia tour

14 Daya Tarik Tempat Wisata Di Kota Kudus Jawa Tengah

Tulisan dari Kawan Kurnia Tour kali ini akan kami beri tema "Amazing Of Kudus" yang artinya kurang lebih adalah keindahan kota Kudus. Kudus merupakan sebuah kabupaten yang memiliki luas paling sempit di provinsi Jawa Tengah. Luas kota Kudus sendiri adalah 42.516 Hektar saja. Kabupaten kudus memiliki 9 kecamatan dan 131 desa yang kebetulan berada di jalur stategis regional Jawa Tengah - Jawa Timur. Kabupaten Kudus berbatasan dengan kabupaten Jepara, Pati, Demak, Grobogan. Kota Kudus sangat terkenal dengan macam-macam pabrik industri, perdagangan dan dari sektor agamanya.

Berbicara tentang kota Kudus, maka tidak lengkap rasanya jika kita membahas soal tempat wisata. Kenapa? yaaa....anu karena ikut judul saja. Hehehhee.....

Oke langsung saja kami akan berikan informasi tentang 14 tempat wisata kota Kudus yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ternyata di kota Kudus ini memiliki beragam objek wisata mulai dari pendidikan, sejarah, alam, gunung, religi, kuliner, adat budaya, dll. Semuanya itu akan coba kami rangkum dibawah ini.

1. Tempat Wisata Museum Kretek Kudus

isi museum kretek kudus jawa tengah
Museum kretek Kudus ini terletak 3 Km ke arah selatan dari pusat kota Kudus, lebih tepatnya di desa Getas Pejaten, kecamatan Jati, kota Kudus. Museum kretek ini dibangun sebagai simbol perjuangan kota Kudus dalam dunia bisnis kretek. Di museum Kretek Kudus ini terdapat berbagai macam peralatan kuno dan bahan seputar tmbakau dan rokok kretek dan rokok klobot. Sleain itu terdapat juga diaroma yang menggambarkan lngkah proses pembuatan rokok kretek mulai dari penanaman tembakau hingga penjualan produk jadi. Penasaran kelanjutannya bisa anda simak di Profil lengkap Museum kretek Kudus.


2. Rumah Adat Kota Kudus

gambar rumah adat kota udus jawa tengah
Kudus memiliki rumah adat yang terkenal dengan sebutan "Joglo Pencu". Rumah adat kota Kudus ini menggambarkan sifat masyarakat Kudus yang agamis / religius dari nenek monyang. yang menjadi keunikan dan ciri khas dari rumah adat kota Kudus ini yaitu pada ukirannya. Ukiran di rumah adat Kudus ini memiliki banyak sekali gaya dan kombonasi, mulai dari gaya ukiran Persia Eropa, ukiran China, Ukiran Hindu dan Ukiran Islam.


3. Tugu Identitas Kudus

gambar tugu identitas kota kudusJika di Joga ada tugu Jogja yang terkenal, maka di kota Kudus juga terdapat tugu identitas yang cukup terkenal. Tugu ini dinamakan "Tugu Identitas Kudus". Tugu identitas ini berada di depan pertokoan Matahari mall. Lokasinya sangat stategis karena berada di tengah / pusat kota Kudus. Jika anda masuk ke daerah kota maka sudah dipastikan anda melewati tugu identitas ini. Pada sejarahnya tugu ini adalah monumen perjuangan rakyat kota Kudus dalam merebut kemerdekaan RI. Bentuk dari tugu identitas Kudus ini merupakan stylisasi menara Kudus, yang sampai saat ini bangunan tersebut telah di akui sebagai lambang kabupaten kota Kudus Jawa Tengah.


4. Taman Krida Wisata

taman krida wisata kota kudus jawa tengah
Tempat wisata "Taman Krida Wisata" ini terletak di wilayah desa Wergu wetan Kec. Kota Kudus, lebih tepatnya berada di GOR (Gedung Olah Raga) atau sering disebut dengan GOR Wergu. Teman Krida ini merupakan salah satu tempat wisata yang ditujukan bagi anak-anak. dalam objek wisata taman krida ini terdapat berbagai macam patung edukasi yang berbentuk binatang seperti dinosaurus, kuda nil, singa, jerapah, gajah, dll. Tempat wisata taman krida ini juga banyak sekali permainan anak-anak yang dijaman anak anda akan sulit diajak pulang sebelum tempat itu tutup.


5. Tempat Wisata Religi Menara Kudus

gambar menara masjid kudus jateng
Objek wisata Menara Kudus ini terletak 1,5 km ke arah barat dari pusat kota Kudus / alun-alun / simpang tujuh. Tempat wisata Menara Kudus ini berlokasi di kelurahan Kauman Kec. Kota Kudus. Sejarah dan ilmu penelitian mencatat bahwa Menara Kudus ini adalah bangunan kuno hasil akulturasi budaya Hindu dan Islam pada masa itu. Siapa yang membangun Menara Kudus? yang mengdirikan Menara Kudus adalah Syeh Ja ' far Shodiq di tahun kejayaannya yaitu 1685.


6. Tradisi Budaya Kota Kudus

acara dandangan kota kudusKegiatan penggantian kain di makan Sunan Kudus dan Sunan Muria atau sering disebut Buka Luwur ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata. Karena pada prosesi buka luwur ini terdapat berbagai macam kumpulan seni dan budaya kota Kudus. Adapun kegiatan untuk meramaikan acara ritual ini adalah dengan resik-resik sendang Dewot dan sendang Gading. Selain resik-resik ada juga kegiatan lainnya yang dilakukan di beberapa desa di kota Kudus diantaranya:
  • Byiwer desa dan pentas wayang klitik di Wonosoco Colo, 
  • Maulidan Jawiyan di desa Panduren, 
  • festival Ampyang Maulid di desa Loram Wetan, 
  • Haul mbah Rogomoyo di desa Jepang, 
  • festival Patiayam di desa Terban
  • Bedhug Dhandhangan / Dandangan di pusat kota Kudus.

7. Desa Wisata Wonosoco Kudus

desa wisata wonosoco kudus jawa tengahKudus memiliki desa yang dijadikan sebagai desa Wisata yaitu desa Wonosoco. Desa wisata ini terletak di selatan kota Kudus. Untuk menuju ke tempat desa wisata ini juga tidak sulit karena sepanjang jalan Kudus Purwodadi akan ada promosi banner yang bertuliskan petunjuk desa wisata. Keunikan desa wisata disini yaitu lokasi yang sangat asri dan hijau, wisatawan bisa menikmati hamparan sawah hijau dan pegunungan Karst Kendeng yang membentang luas timur ke barat.


8. Tempat Wisata Edukasi Museum Purbakala Patiayam

museum sejarah purbakala patiayam kudusTempat wisata museum purbakala patiayam ini berada di desa Terban, kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah. Sangatlah mudah untuk menuju ke objek wisata museum ini. Jika anda dari sudah sampai di pusat kota maka ambilah arah ke Pati / Surabaya. Setelah sampai di desa Jekulo maka akan terlihat reklame situs Patiayam yang berada di kiri jalan. Lokasi objek wisata museum ini berada di kiri jalan masuk sekitar 300 meter. di tempat wisata ini terdapat banyak sekali penemuan benda prasejarah yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita.


9. Tempat Wisata Alam Colo

pemandangan desa colo kota kudusColo adalah salah satu nama tempat di Kudus yang berada di dataran tinggi. Udara sejuk dan pemandangan asri sudah pasti anda dapatkan di sini. dari kota Kudus jaraknya sekitar 18 km saja ke arah gunung Muria. Colo sendiri adalah nama sebuah desa di kecamatan Dawe dengan ketinggian sekitar 1602 meter DPL. Di tempat wisata ini wisatawan dapat menikmati pemandanagan istimewa yaitu perbukitan dan pegunungan yang hijau dan alami disertai sejuknya udara dingin yang menusuk di pori kulit anda.


10. Objek Wisata Outbound Hutan Kajar

hutan kajar kota kudus jawa tengahTempat wisata hutan Kajar ini lebih dikenal dengan kegiatan outboundnya. Objek wisata ini terletak di kawasan hutan Pinus yang memiliki jarak 3 km dari wisata Colo. Lebih tepatnya berada di desa Kajar Kecamatan Dawe kota Kudus. Lokasi ini memang dikenal dengan kegiatan wisata outdoornya yaitu camping, hiking dan outbound. Objek wisata ini ditujukan untuk anak muda pelajar, pramuka, ramaja umum. Nmaun tidak menutup kemungkinan bagi para karyawan kantoran juga berwisata disini untuk mendapatkan susana wisata yang berbeda dari biasanya.


11. Kuliner Dan Souvenir Khas Kota Kudus

lentok tanjung makanan khas kota kudusKota kudus memiliki berbagai macam kuliner yang patut anda coba. beberapa masakan khas kudus yaitu Lentok Tanjung, soto kerbau, sate kerbau, dll. Harga kuliner kota kudus juga sangat murah, contoh saja Lentok Tanjung hanya dijual dengan harga 3000 rupiah saja / porsi. Selain makanan berat juga terdapat berbagai makanan ringan / jajanan yang bisa anda bawa pulang seperti jenang Kudus, olahan rempeyek, sirup jahe, madu mongso, keciput, marning, dll. Selain makanan ada juga buah-buhan yang menjadi khas daerah Kudus diantaranya duku sumber, mangga menawan, jeruk pamelo. Selain itu juga terdapat beberapa souvenir yang bisa anda beli untuk buah tangan keluarga atau teman dirumah.


12. Tempat Wisata Religi Makan Sunan Muria

makam sunan muria kudusSalah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Makan Muria terletak di puncak gunung Muria. Untuk menuju ke Makan Muria ini wisatawan bisa berjalan kaki melewati 700 anak tangga, bagi yang lelah dengan berjalan kaki maka anda bisa menyewa jasa ojek untuk mengantarkan anda naik hingga atas. Makam Sunan Muria yaitu Raden Umar Sa'id berada di dalam bangunan kuno yaitu Mihrab Masjid peninggalan Sunan Muria. Masjid tersebut telah direnofasi ulang dengan gaya arsitektur baru dengan fasilitas yang lebih lengkap.


13. Wisata Alam Air Terjun Monthel dan Air 3 Rasa

tempat wisata air terjun montel kudus
Objek wisata air terjun Montel ini terletak di sebalah utara makam Sunan Muria. jaraknya sekitar 1,5 km dari pesranggahan Colo. Tempat wisata air terjun Monthel ini memiliki tinggi 50 meter dengan air jernih. tak jauh dari sana juga terdapat air 3 rasa yang cukup terkenal. Keunikan air 3 rasa ini adalah dalam satu lokasi yang berdekatan anda bisa merasakan perbedaan rasa yang mencolok.



 

14. Tugu Kudus Kota Kretek

tugu kudus kota kretek malam hari terbaruTugu kudus ini konon katanya merupakan tugu terbesar dan termegah se Asia Tenggara. Tugu Kudus Kota Kretek berada di perbatasan kota Demak dan kota Kudus. Ini adalah penanda bagi para pengendara jika mereka telah masuk atau keluar dari kota Kudus. Lokasinya berdampingan dengan jempatan. Tugu ini selesai dibangun pada tahun 2015 kemaren. Desain yang menyerupai daun tempakau ini sangat megah dengan hiasan lampu di malam hari yang sangat luar biasanya. Pada malam hari, selalu ramai dikunjungi anak kecil hingga tua untuk berfoto di tugu tersebut.


Demikianlah sedikit informasi tentnag 14 tempat wisata di kota Kudus Jawa Tengah yang memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Bagi anda yang belum pernah datang ke objek wisata ini, maka segeralah atur waktu untuk jalan-jalan di kota Kudus dan kunjungi beberapa destinasi yang menari disini.
Next Spot: Foto Museum Kretek Kudus Terbaru

0 Response to "14 Daya Tarik Tempat Wisata Di Kota Kudus Jawa Tengah"

Popular Posts