Info Wisata
kawan kurnia tour

VISIT JATENG

VISIT JATENG merupakan program dari Dinas Pariwisata Jawa Tengah untuk memajukan potensi pariwisata di Jawa Tengah dengan tujuan agar Jawa Tengah banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun wisatawan mancanegara

Jawa Tengah memiliki beragam budaya dan tempat kunjungan wisata yang sangat mengagumkan. Dilihat dari lautan maupun dataran tingginya, Jawa Tengah menjadi pilihan utama bagi para pecinta wisata. Laut Karimunjawa dan dataran tinggi Dieng merupakan dua tempat wisata pilihan terbaik dari ratusan tempat wisata yang berada di Jawa Tengah. tidak heran jika Karimunjawa dan Dieng menjadi prioritas utama untuk waktu liburan kita. Untuk itu pemerintah dan badan yang terkait membuat program VISIT JATENG untuk memajukan potensi pariwisata khususnya di Jawa Tengah.

visit-jateng

WISATA KARIMUNJAWA

tour-karimunjawa

 

Pemandangan Laut Karimunjawa

Keindahan panorama alam seperti terumbu karang, rumput laut, dan padang lamun dengan biota laut yang beraneka ragam, hutan mangrove, gunung dan sisa hutan tropis dataran rendah, semuanya dalam hamparan yang masih alami sehingga menjadikan kepulauan Karimunjawa sebagai Taman Nasional Laut. Kepulauan ini secara administratif merupakan kecamatan dari wilayah kabupaten Jepara, yang berlokasi sekitar 45 mil arah barat laut kota Jepara. Luas wilayah teritorial Karimunjawa adalah 107.225 ha, sebagian besar berupa lautan (100.105 ha), luas daratannya sendiri adalah 7.120 ha. Daerah ini beriklim tropis yang dipengaruhi oleh angin laut yang bertiup sepanjang hari dengan suhu rata-rata 26 s.d. 30 derajat Celcius, dengan suhu minimum 22 derajat Celcius dan suhu maksimum 34 derajat Celcius.


Kekayaan flora dan fauna Karimunjawa membuatnya menjadi begitu mempesona. Daerah ini memiliki beberapa jenis ekosistem flora, yaitu ekosistem terumbu karang, hutan mangrove (padang lamun), hutan pantai, dan hutan dataran rendah. Di sisi lain, fauna pun bervariasi, seperti rusa dan kera ekor panjang maupun fauna akuatik yang terdiri atas 242 jenis ikan hias dan 133 genera akuatik. Selain itu, di lokasi ini terdapat pula jenis fauna langka yang berhabitat di pulau Burung dan pulau Geleang, seperti burung elang laut dada putih serta dua jenis penyu, yaitu penyu sisik dan penyu hijau.



DIENG PLATEAU

(www.tourdieng.blogspot.com)
tour-dieng
Terletak Di Jawa Tengah, Dieng terbagi menjadi dua Bagian Wilayah. sebagian wilayahnya masuk dalam Kabupaten Banjarnegara dan sebagian lagi masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo.

Ketinggian Rata-Rata Dataran Tinggi Dieng sekitar 2000m diatas permukaan Laut, dengan suhu relatif antara 8-22°C. Di Musim Kemarau, suhu dapat menurun drastis hingga mencapai -5°C di pagi hari sehingga muncul apa yang oleh masyarakat Dieng disebut bun upas (embun Beku). Embun beku ini tidak berbahaya bagi manusia namun dapat menyebabkan kerusakan tanaman pertanian.


Keindahan dataran tinggi Dieng


Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif.hal tersebut bisa dilihat dari keberadaan  beberapa Kawah yang masih menunjukan aktivitasnya seperti : Candradimuka; Sibanteng; Siglagah; Sikendang; Sikidang; Sileri; Sinila; Timbang.
Kawah-kawah ini dipantau secara rutin oleh PVMBG melalui Pos Pengamatan Dieng

Selain terkenal karena keindahan untuk wisata alamnya, Dieng juga kaya akan Peninggalan Budaya yang kemudian dikelola oleh Dinas Pariwisata. Selain itu, Dieng juga merupakan  penghasil sayuran. Tanaman seperti , kubis, wortel, purwaceng Serta buah Carica  adalah komoditi utama.

Tidak salah jika pemerintah Propinsi Jawa tengah membuat program VISIT JATENG karena memang Jawa Tengah memiliki banyak potensi pariwisata yang bisa mendatangkan devisa.

0 Response to "VISIT JATENG"

Popular Posts