11 macam tempat Wisata Di Kabupaten Batang

objek wisata di kota batangKabupaten Batang terletak di panta utara pulau Jawa Tengah. Kota Batang ini berada di jalur utama yang menghubungkan antara Jawa timur dan Jawa Barat. Jika melihat sebentar pada sejarah jaman prasasti Sojomerto, kota Batang adalah pemukiman tua jaman Syailendra. Kawasan batang merupakan dataran rendah yang penuh dengan lautan, namun ada beberapa bagian yang berupa pegunungan. Kota Batang sangat cocok jika digunakan sebagai agroindustri, agrobisnis dan agriwisata.

Bercicara mengenai agrowisata/ pariwisata, kali ini Kawan Kurnia Tour ingin berbagi informasi 11 tempat wisata yang indah dan mudah untuk di kunjungi ketika kalian berada di kota Batang, Jawa Tengah. Seperti yang telah disampaikan diatas bahwasannya daereh kabupaten Batang lebih banyak memiliki pantai kerena lokasinya yang berada di dataran rendah, serta pusat kota dan pemerintahan juga lebih diutamakan di bagian wilayah pesisir.

Berikut ini adalah 11 daftar nama-nama tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di kota Batang Jateng.

1. Pantai Sigandu
  • Pantai Sigandu terletak sekitar 2 kilometer di bagian utara pusat kota Batang. Berwisata di Sigandu ini, wisatawan akan mendapati pantai dengan butiran pasir halus.
  • Selain itu di Sigandu Beach ini wisatawan dapat menikmati pemandangan bahari yang luar biasa dari pinggir pantai, sambil bermain pasir lembut. Berbegai kegiatan dapat dilakukan di pantai Sigandu ini seperti bola pantai, permainan memendam diri, dan lainnya.
  • Setelah puas bermain jangan khawatir karena disekeliling pantai akan banyak sekali tempat makan yang bisa membuat perut keroncongan kalian menjadi diam kembali. Karena di objek wisata pantai Sigandu Batang ini wisatawan akan banyak menemukan pilihan tempat makan / warung makan disekitar bibir pantai dengan menu andalah yaitu seafood.

2. Dolphin Center Batang
  • Dolphin Center Batang ini merupakan salah satu taman safari yang dimiliki kabupaten ini. DCB ini berada di kawasan pantai Sigandu. Jadi pas sekali jika kalian berlibur bersama keluarga apalagi anak kecil, pasti akan berkesan jika berkunjung ke Batang Dolphin Center ini.
  • Kegiatan wisata yang dapat kalian temukan disini antara lain seni pertunjukan dari sang dolphin / limba-lumba pintar dalam sebuah permainan (seperti sirkus lumba-lumba). Selain itu di DCB ini terdapat juga kumpulan binatang yang di tata rapi di kebun binatang mini, water park, kolam ikan tawar dan laut, penyu dan kura-kura.
  • Banyak juga restoran di kawasan ini, jadi meskipun berlama-lama disini pasti tidak akan bosan karena pasokan makanan untuk anda selalu tersedia dekat mudah dijangkau.

3. Pantai Ujungnegoro
  • Tempat wisata ini berada di kecamatan Kandeman, jaraknya sekitar 14 kilometer dari pusat kota Batang kearah timur laut. Panorama luar biasa ditawarkan di tempat wisata ini, pasalnya disini wisatawan dapat menikmati pemandangan tebing di pantai yang dikeliling perbukitan.
  • Di kawasan objek wisata ini juga cukup banyak dijadikan spot memancing pagi mereka yang gila dengan hobi mancing.

4. Taman Budaya Dan Rekreasi Kramat
  • Tempat wisata ini berada sekitar 1 kilometer dari pusat kota Batang, tepatnya di kelurahan Proyonanggan. Posisinya berada di tepi sungai yang bernama 'Kali Kramat'. Di tempat wisata ini wisatawan dapat menikmat berbagai pengetahuan tentang budaya kota Batang yang dibalut rapi dengan dunia rekreasi pariwisata. Seperti pertunjukan adat budaya dan seni sering ditampilkan di taman Budaya Dan Rekreasi tersebut.
  • Tempat ini dipercayai sebagai awal mula terbentuknya kota Batang yang berhubungan dengan legenda Bahurekso.

5. Pantai Celong
  • Berjarak sekitar 7 kilometer dari kota Batang, tepatnya berada di desa Kedawung, Kec. Banyuputih. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati wenomena alam luar biasa yaitu sunset dan sunrise.
  • Dengan pemandangan laut yang luar biasa serta hembusan angin laut yang menempel di kulit kita akan membuat suasana liburan bertambah menyenangkan ditempat wisata Pantai Celong ini.

6. Pantai Jodo
  • Lokasinya berada di desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing. Jika dari jalan pantura Plalen jaraknya sekitar 10 kilometer / dapat ditempuh dengan waktu 25 menit.
  • Objek wisata di pantai ini menawarkan pemandangan luar biasa yaitu pasir laut yang halus serta phon cemara laut yang berada disekelilingnya. Liburan disini sangat harmonis jika dilakukan bersama keluarga dan teman2x.
  • Jika beruntung pada musim panen, wisatawan dapat membali semangkan dan melon dengan harga murah, karena disini banyak sekali perkebunan buah tersebut.

7. Ecopark Bandar
  • Bandar Ecopark lokasinya sekitar 18 kilometer dari pusat kota Batang, tepatnya di desa Wonokerto, kecamatan Bandar.
  • Lokasinya agak jauh dari pantai, karena disini wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam wahana permainan air yang didapatkan dari air murni asli dari pegunungan di Batang. desain yang menarik di pandang mata akan membuat pengunjung jenak berada di tempat ini sambil belajar pengalaman baru di tempat wisata ini.

8. Perkebunan Teh Pagilaran
  • Disini wisatawan akan menikmati agrowisata yang berhubungan dengan daun teh, mulai dari proses pemetikan daun, dan pengolahan hingga packing menjadi barang siap jual.
  • Agrowisata kebun teh Pagilaran ini terletak sekitar 11 kilometer dari kota Batang kearah dataran tinggi. tepatnya berada di desa Keteleng, kecamatan Blado.
  • Kebun teh ini dikembangkan saat jaman penjajahan Belanda, dan kini diambil alih oleh UGM Jogja fakultas pertanian untuk dikembangakn sebagai tempat agrowisata yang menarik untuk dikunjungi.

9. Pemandingan Air Panas Sangubanyu
  • Tempat wisata ini berada di daerah lereng pegunungan di Batang, udara yang sejuk akan menantiasa menemani wisatawan ketika berada di objek wisata air panas Sangubanyu ini.
  • Dalam bahasa jawa sangu memiliki arti bekal dan banyu artinya air. Jadi Sangubanyu ini bisa diartikan sebagai membawa bekal air karena disini banyak sekali air bersih yang keluar dari dasar tanah.
  • Kandungan yang ada di air panas / belerang ini memiki kasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, terutama gatal-gatal.

10. Tubing Pandansari
  • Objek wisata Tubing Pandansari belokasi di desa Pandansari kecamatan Warungasem sekitar 15 kilometer dari pusat kota Batang ke arah barat.
  • Ini adalah objek wisata alam / outdoor yang bisa dinikmati bersama-sama. Wisatawan dapat merasakan melintasi sungai di daerah tersebut dan memalukan berbagai kegiatan outdoor seperti outbound, camping / kemah.

11. Agrowisata Selopajang Timur
  • Tempat wisata ini berada di desa Selopajang timur kecamatan Blado. Disini wisatawan dapat menikmati udara sejuk pegunungan yang masih alami.
  • Objek wisata di lokasi ini menawarkan teman buah-buahan, kolam renang, kolam terapi ikan, fasilitas tempat berkumpul seperti aula, lapangan, dan yang tidak kalah menariknya adalah berbagai permainan outbound.

Demikian adalah 11 daftar tempat wisata di kabupaten Batang yang masih ada dan berjalan. Silahkan bagi anda yang singgah atau sekedar lewat di kota Batang bisa mampir ke beberapa objek wisata yang menurut kalian pas untuk dikunjungi bersama rombongan anda.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990