8 Makanan Khas dan Oleh2x Kota Salatiga Yang Bisa Anda Beli Dengan Mudah

Apabila anda berada di kawasan kota Salatiga mungkin sedang berlibur/ berkunjung ke tempat teman, saudara, atau dengan tujuan lainnya mungkin ini akan menjadi informasi menarik untuk anda. Ada beberapa jenis kuliner yang terkenal di kota Salatiga dan hanya dengan hitungan 1 hari anda sudah bisa menikmati itu semua baik sebagai makanan utama ataupun oleh2x untuk keluarga / teman dirumah.

1. Olahan Singkong (Gethuk Kethek)

Makan ini biasanya menjadi oleh2x bagi para pembeli. Terbuat dari olahan singkong yang direbus hingga lembek / empuk kemudian diberi kelapa diatasnya sehingga hanya bertahan maksimal selama 6 jam saja. Rasa yang dihasilkan sangat pulen, gurih apalagi dimakan selagi hangat dengan seduan teh pahit. Bernama gethuk kethek dikarenakan sang penjual memelihara monyet / kera / ketek dalam bahasa jawa di depan rumahnya. Lokasinya tidak di pinggir jalan raya, namun sudah dijamin anda akan mengantri lama apalagi jika weekend.
  • jalan Argo Tunggal No. 9 Rt 3/ Rw 3, Kecamatan Argomulyo, Salatiga, Jawa Tengah.

2. Olahan Singkong (Gethuk Presto Keju)

Kuliner ini juga menjadi incaran untuk oleh2x khas dari kota Salatiga. Terbuat dari bahan singkong yang di presto dengan campuran keju/ lainnya. Makan ini cocok untuk cemilan di perjalanan atau sebagai oleh2x.
  • Lokasinya berada di perempatan lampu merah bakso ABC (dekat dengan lokasi gethuk kethek).

3. Enthing-Enthing Kepuk

Ini merupakan makanan khas Salatiga yang jangna anda lewatkan. Makan ini merupakan makanan ringan yang bisa dibawa untuk perjalanan jauh bahkan hingga berhari-hari. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang di sangrai kemudian dicampur gula cair dan ditumbuk / digepuk.
jajanan khas oleh2x kota salatiga

4. Ampyang

Sama halnya dengan enthing gepuk, makanan apyang ini juga terbuat dari bahan dasar kacang tanah, namun perbedaannya adalah dalam proses pembuatannya. Dari kacang tanah utuh dicampur gula merah da air jahe. Jajanan ini juga banyak sekali tersebar di:
  • Enting-enting Gepuk dan Ampyang banyak dijual di toko oleh2x Salatiga.

5. Sate Sapi Suruh

Bagi anda yang ingin makanan berat/ makan ditempat, anda bisa menikmati sate sapi suruh ini. Sate ini berbeda dengan sate lainnya, karena bahan daginggnya terbuat dari daging sapi yang dibumbui dengan rempah-rempah jawa asli. Kata Suruh sendiri diambil dari sebuah nama desa yang mana desa tersebut merupakan tempat tinggal sang pembuat bumbu sate sapi itu yang sudah ada sejak tahun 1987. Jika anda ingin membeli sate sapi suruh bisa menuju ke:
  • Jantung pusat kota Salatiga tepatnya di Jl. Jendral Suderman (Ruko Miyoso).

6. Wedang Ronde

Mungkin tidak hanya di Salatiga saja, wedang ronde ada di mana-mana. Namun Wedang ronde yang satu ini cukup fenomenal pasalnya sudah masuk ke televisi beberapa kali karena kenikmatannya. Berada di komplek Ruko Miyoso namun di bagian belakang / belakang lokasi sate suruh. Selain disana juga terdapat banyak di pinggiran jalan Jendral Sudirman penjual wedang ronde yang sangat pas diminum di kota Salatiga yang dingin untuk menghangatkan badan.
  • Lokasi Sepanjang jalan Jendral Sudirman

7. Tahu Campur Kalitaman

Tahun campur juga merupakan makanan yang ada di mana-mana contohnya di kudus/ wonosobo. semarang/ dan lainnya. Namun tahu campur yang satu ini patut anda coba. Lokasinya beada di depan kolam renang kalitaman. Salain harga yang murah, bumbu yang disajikan juga pas di lidah.
  • Lokasi depan kolam renang Kalitaman

8. RW (Rica Waung)

Tidak dapat dipungkiri sebagian besar warga di Salatiga beragama Kristen, maka dari itu peminat makanan RW juga cukup banyak. Ada beberapa warung khusus RW di kota Salatiga dan salah satu yang terkenal serta enak adalah RW Temon.
  • Berada di desa Temon dekat dengan terminal Tingkir.

Demikian makanan ringan / berat di kota Salatiga. Silahkan dipilih yang sesuai dengan anda baik untuk dimakan ditempat ataupun dibeli sebagai oleh2x keluarga / sahabat di rumah.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990