WISATA KULINER KHAS PURWOREJO

Wisata Kuliner Purworejo banyak diburu para penggila kuliner nusantara. Purworejo memiliki keistimewaan kuliner yang unik yang bisa memanjakan lidah para kuliner holic yang ingin memburu keaneka ragaman kuliner nusantara. Jika anda sedang berada di kota Purworejo jangan sampai anda melewatkan untuk menciccipi kuliner khas Purworejo yang memiliki cita rasa yang unik dan khas. Apa saja kuliner khas Purworejo tersebut, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Kuliner Khas Purworejo

Clorot


wisata kuliner clorot purworejo

Clorot adalah makanan ringan yang menyerupai jenang yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan gula merah, santan kelapa, sedikit garam dan daun pandan sebagai aroma. Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam wadah dari janur kuning yang diulin membentuk kerucut lalu dikukus. Clorot dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Dawet Hitam


wisata kuliner dawet hitam purworejo

Dawet Hitam atau lebih dikenal dengan Dawet Ireng menjadi salah satu kuliner khas dari Kabupaten Purworejo. Dawet yang diberi pewarna hitam dari "merang" ini cocok disajikan dengan santan dan gula merah dan banyak dijumpai di Kecamatan Butuh, Kecamatan Banyuurip dan Kecamatan Purworejo.

Geblek


wisata kuliner geblek purworejo

Geblek adalah makanan khas Purworejo yang memiliki cita rasa gurih yang terbuat dari tepung ketela (pati) yang digoreng

Kue Lompong


wisata kuliner kue lompong purworejo

Kue Lompong terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan bumbu kacang tanah. Adonan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang yang kering (karas) kemudian dikukus.

Sate Winong

Sate Winong adalah sate daging kambing dengan bumbu kecap dan dapat dijumpai di Desa Winong

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa kuliner asli dan khas yang berasal dari Purworejo dan cita rasanya hampir tidak dimiliki oleh kuliner dari lokasi yang lain. Jika anda kebetulan berada di Purworejo jangan sampai anda ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas Purworejo ini. Dijamin anda bakalan datang kembali ke Purworejo untuk merasakan cita rasa kuliner Purworejo ini.

Posting Komentar

CHAT WHATSAPP
085 290 682 990